Ini 7 Manfaat Minum Jus Lemon untuk Tubuh, Salah Satunya Bisa Bersihkan Usus Loh

Ini 7 Manfaat Minum Jus Lemon untuk Tubuh, Salah Satunya Bisa Bersihkan Usus Loh

7 Manfaat Minum Jus Lemon untuk Tubuh--Pixabay/@silviarita

Namun, tak hanya dengan mengonsumsi lemon, Anda juga perlu rutin berolahraga dan membatasi asupan makanan tinggi kalori, gula, dan garam untuk menjaga atau menurunkan berat badan.

7. Mencegah anemia

Anemia defisiensi besi adalah salah satu jenis anemia yang terjadi karena tubuh kekurangan zat besi, sehingga jumlah sel darah merah yang sehat berkurang. Penyakit ini bisa membuat penderitanya mudah lelah dan lemas karena asupan oksigen dalam tubuh tidak tercukupi.

Untuk mencegah anemia defisiensi besi, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang dapat memaksimalkan penyerapan zat besi, seperti lemon.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengonsumsi Lemon

Meski dapat memberikan banyak manfaat, sebagian orang perlu berhati-hati dalam mengonsumsi lemon. Pasalnya, lemon mengandung asam sitrat yang dapat menimbulkan nyeri ulu hati pada kondisi tertentu, seperti pada penderita penyakit asam lambung atau GERD.

Bila Anda menderita penyakit asam lambung, sebaiknya hindari konsumsi lemon saat perut sedang kosong atau menjelang waktu tidur, sebab hal ini dapat membuat asam lambung mudah naik ke tenggorokan dan menimbulkan rasa nyeri.

Selain itu, kandungan asam sitrat pada lemon juga dapat mengikis enamel gigi. Untuk menghindari hal ini, Anda disarankan berkumur dan menyikat gigi setelah mengonsumsi lemon agar asam tidak menempel pada permukaan gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: