Hati-hati, Ini Bahaya Konsumsi Buah Semangka Terlalu Berlebihan

Hati-hati, Ini Bahaya Konsumsi Buah Semangka Terlalu Berlebihan

JAKARTA, DISWAY.ID - Banyak orang suka makan semangka karena rasanya yang menyegarkan, tetapi apakah Anda menyadari kemungkinan adanya efek samping dari semangka juga?

Tentunya Anda wajib mengetahui beberapa hal termasuk efek samping yang ditimbulkan sebelum mengunyah irisan semangka tersebut.

Semangka mengandung banyak air, vitamin A, B6, C, potasium, dan nutrisi lainnya. Namun, konsumsi semangka yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu.

BACA JUGA:4 Minuman Simpel yang Bisa Bikin Kamu Full Senyum di Pagi Hari, Yuk Cobain!

BACA JUGA:Mana yang Benar, Berkurban atau Aqiqah Dulu? Ustaz Abdul Somad Beri Penjelasan Mudah

Dilansir dari laman stylecraze, berikut 5 efek samping konsumsi semangka berlebihan:

1. Gangguan Usus

Semangka kaya akan likopen. Jadi, jangan mengkonsumsi semangka dalam jumlah banyak. Ini dapat menyebabkan mual, kembung, diare, muntah, gangguan pencernaan dan gas. Gejala-gejala ini bisa lebih buruk di antara orang tua, karena sistem pencernaan cenderung melemah seiring bertambahnya usia.

2. Gangguan Kardiovaskular

Semangka mengandung potasium tingkat tinggi. Mengkonsumsi makanan yang diperkaya kalium dalam jumlah besar dapat menyebabkan masalah kardiovaskular. Beberapa penyakit adalah denyut nadi tidak ada atau lemah, detak jantung tidak teratur, henti jantung, dll. Ini juga dapat mempengaruhi kontrol motorik dan sistem saraf tubuh.

BACA JUGA:Mengenal Haji Furoda, Hajinya Para 'Sultan', Biaya Capai Rp 300 Juta

BACA JUGA:5 Makanan yang Harus Dihindari di Pagi Hari, Bahaya!

3. Tidak Baik untuk Penderita Diabetes

Ketika seseorang resisten terhadap insulin, maka kadar gula darah cenderung tetap berada di dalam darah. Itu tidak masuk ke dalam sel-sel tubuh. Ketika ada kekurangan glukosa dalam sel, maka lebih banyak jumlah insulin yang diproduksi. Baik darah maupun gula tetap berada di dalam darah, yang dapat mempengaruhi kadar trigliserida dalam tubuh. Semangka yang kaya akan gula alami dapat menyebabkan lonjakan kadar gula dalam tubuh. Itulah mengapa penderita diabetes harus menghindari konsumsi semangka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: