Polda Metro Jaya Klaim Angka Kasus Tawuran dan Balap Liar Menurun Tajam Berkat Program Street Race

Polda Metro Jaya Klaim Angka Kasus Tawuran dan Balap Liar Menurun Tajam Berkat Program Street Race

Ilustrasi. Balap liar-Ntmcpolri-

JAKARTA, DISWAY.ID- Polda Metro Jaya mengklaim bahwa angka kasus tawuran dan balap liar menurun tajam sejak adanya program khusus yang dari arahan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M. Fadil Imran.

Hal ini diungkapkan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan disela-sela press conference kasus tawuran yang menyebabkan hilangnya nyawa orang di Cipondoh yang terjadi pada 23 Juli 2022.

Menurut Kombes Zulpan, menurunan angka kasus tawuran dan balap liat tersebut berkat adanya program Police Goes to School dan Street Race.

BACA JUGA:Terlibat Tawuran, Seorang Pelajar Ditemukan Tak Bernyawa di Taman Sari, Ini Kronologinya

"Jadi Polda Metro saat ini sesuai kebijakan bapak Kapolda, kita sudah memiliki program 'Ada polisi'. Dimana dalam program ini mengedepankan peran dari kepolisian mulai Polsek, Polres dengan mengedepankan Bhabin," ujar Kombes Zulpan kepada wartawan, Jumat 29 Juli 2022.

"Kita disini sudah bisa memetakan dua hal yang menjadi sasaran utama. yaitu balap liar dan tawuran antar kelompok," tambahnya.

"Kita sudah memiliki data semuanya, sehingga dengan data yang kita miliki ini, kita bisa aprofiling siapa kelompok kelompok ini baik ketua, anggota, kemudian apa visi misi kelompok kita sudah tahu. Kita juga sudah melibatkan unsur terkait dinas pendidikan, tokoh agama, termasuk dnegan tokoh pemerintah setempat, Lurah, Camat dan sebagainya," jelasnya.

Kombes Zulpan juga mengatakan bahwa tim tersebut turun langsung bukan hanya mendatangi pelaku, tetapi mendatangi orangtua. 

BACA JUGA:Terkuak, Polisi Kantongi Identitas Sosok Penyunting Profil Kapolda Metro Jaya di Wikipedia, Ternyata...

"Memberikan pemahaman kepada orang tua. Karena orang tua banyak yang gak tahu kalau anaknya masuk geng," ungkap Kombes Zulpan.

Kombes Zulpan juga melanjutkan, setelah pihaknya datang, maka Orang tua bisa menjadi tahu. 

"Disitu kita sampaikan kenapa libatkan pihak sekolah dan guru. Karena disitu ada ancaman yang diberikan apabila mengulangi kejahatan tawuran, maka sekolah juga bisa mengeluarkan yang bersangkutan," terangnya.

"Jadi sekali lagi, memang akhir-akhir ini angka kejadian akibat tawuran dan balap liar di Polda Metro menurun tajam sejak adanya program ini. Balap liar ada street race, tawuran dengan ada program Ada Polisi," papar Kombes Zulpan.

"Satu lagi yang penting, motto Polda Metro yany dibangun bapak Kapolda, mengungkap satu kejahatan adalah suatu keberhasilan. Tetapi yang lebih penting, mencegah kejahatan bagi kami adalah suatu kemuliaan" pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: