Mahfud MD Bilang Penyidikan Etik dan Pidana Jalan Sejajar, Dahlan Iskan: Apakah Sambo Akan Dipecat dari Polri?

Mahfud MD Bilang Penyidikan Etik dan Pidana Jalan Sejajar, Dahlan Iskan: Apakah Sambo Akan Dipecat dari Polri?

Irjen Pol Ferdy Sambo-disway.id-disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID-Mahfud MD mengatakan bahwa penyelidikan perkara pidana dan pelanggaran kode etik Irjen Ferdy Sambo bisa berjalan bersamaan. Ini menyusul reaksi publik saat Sambo dikabarkan ditahan di Mako Brimob karena kode etik yang tidak profesional dalam menangani peristiwa tewasnya Brigadir J di rumah dinas Duren Tiga, 8 Juli 2022 lalu.  Publik merasa keterlibatan Sambo lebih dari sekedar pelanggaran kode etik Polri. 

Terkait dengan itu, Dahlan Iskan pun menanyakan kabar Ferdy Sambo saat ini, apakah Sambo akan dipecat?

Dikabarkan, Ferdy Sambo saat ini dalam tahanan Mako Brimob, Cimanggis, Depok. Dia digiring usai pemeriksaan oleh Irsus Polri di Mabes terkait kematian Brigadir J .

BACA JUGA:Ucapan Putri Candrawathi untuk Ferdy Sambo: Saya Tulus Mencintai Suami..

BACA JUGA:Tak Diberi Izin Besuk Ferdy Sambo, Putri Candrawathi Menangis di Mako Brimob

Dahlan melontarkan pertanyaan itu setelah berkomunikasi dengan Mahfud MD. 


Menkopolhukam Mahfud MD beri komentar terkait penahanan Ferdy Sambo. Foto : ist--

Menurut Mahfud MD, langsung ditahanya Ferdy Sambo karena terkait kasus pelanggaran Kode Etik. 

"Ada yang lebih dulu pidananya selesai, ada yang etiknya selesai lebih dulu. Lihat-lihat mana yang lebih dulu bisa diproses dan dibuktikan," kata Mahfud MD, dikutip dari Mendung Udan, Senin 8 Agustus 2022. 

"Sekarang pengadilan untuk anggota polisi aktif sudah di peradilan umum. Bukan lagi peradilan militer. Polisi sudah dijadikan aparat sipil," tambah Mahfud.

Dahlan Iskan menanyakan jika dugaan pelanggaran kode etik yang selesai lebih dahulu, apakah Sambo akan dipecat dalam waktu dekat?

"Saya menghubungi Pak Mahfud kemarin. Etik dan pidana bisa jalan semua. Kalau pun pidananya bisa berjalan dulu juga tidak ada masalah. Kelihatannya pimpinan Polri ingin mendahulukan yang etik. Itu tadi. Untuk memudahkan teknis pemeriksaan. Maka klimaks berikutnya: apakah Sambo akan dipecat dalam satu-dua hari ini," tanya Dahlan Iskan.

BACA JUGA:Bharada E Hanya Majalankan Skenario, Deolipa Yumara: Tentunya yang Menyuruh Atasannya

Seperti diketahui, Irjen Ferdy Sambo kini telah ditahan di Mako Brimob terkait dengan dugaan pelanggaran kode etik dalam peristiwa tewasnya Brigadir Yosua atau Brigadir J di rumah dinas, awal pekan bulan Juli lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: