3 Manfaat Rahasia Konsumsi Cokelat untuk Kesehatan Tubuh

3 Manfaat Rahasia Konsumsi Cokelat untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Gigi---Pixabay

Selain itu, ia memiliki banyak kalium, fosfor, seng, dan selenium.

Tentu saja, 100 gram (3,5 ons) adalah jumlah yang cukup besar dan bukan sesuatu yang harus Anda konsumsi setiap hari. Nutrisi ini juga datang dengan 600 kalori dan gula dalam jumlah sedang.

Untuk alasan ini, cokelat hitam paling baik dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Profil asam lemak kakao dan cokelat hitam juga bagus. Lemak sebagian besar terdiri dari asam oleat (lemak sehat jantung juga ditemukan dalam minyak zaitun), asam stearat, dan asam palmitat.

Asam stearat memiliki efek netral pada kolesterol tubuh. Asam palmitat dapat meningkatkan kadar kolesterol, tetapi hanya sepertiga dari total kalori lemak.

BACA JUGA:Ferdy Sambo Diberondong Pertanyaan dari Timsus Polri, untuk Komnas HAM Sabar Dulu Ya

Cokelat hitam juga mengandung stimulan seperti kafein dan theobromine, tetapi tidak mungkin membuat Anda tetap terjaga di malam hari, karena jumlah kafeinnya sangat kecil dibandingkan dengan kopi.

2. Sumber antioksidan yang kuat

Pada dasarnya, peneliti menetapkan sekelompok radikal bebas (jahat) terhadap sampel makanan dan melihat seberapa baik antioksidan dalam makanan dapat melucuti radikal bebas.

Berdasarkan penelitian tersebut, cokelat dianggap kaya akan antioksidan. Namun, relevansi biologis dari nilai ORAC dipertanyakan, karena diukur dalam tabung reaksi dan mungkin tidak memiliki efek yang sama pada tubuh.

BACA JUGA:Lagi Viral, Apa Itu Posisi Lotus? Salah Satu Gaya Bercinta yang Bikin Suami Istri Makin Lengket!

Penelitian pada manusia tidak selalu menunjukkan kisaran efek antioksidan yang sama untuk cokelat. Tetapi para ahli mengatakan belum ada cukup bukti untuk mengatakan dengan pasti.

Cokelat hitam sarat dengan senyawa organik yang aktif secara biologis dan berfungsi sebagai antioksidan. Ini termasuk polifenol, flavanol dan katekin, antara lain.

Menurut penelitian, polifenol dalam cokelat hitam dapat membantu menurunkan beberapa bentuk kolesterol LDL ("jahat") bila dikombinasikan dengan makanan lain seperti almond dan kakao.

Satu studi menunjukkan bahwa kakao dan cokelat hitam memiliki aktivitas antioksidan, polifenol, dan flavanol lebih banyak daripada buah lain yang diuji, termasuk blueberry dan acai berry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: