3 Penyebab Infeksi Paru-Paru yang Berisiko, Berikut Cara Membersihkannya

3 Penyebab Infeksi Paru-Paru yang Berisiko, Berikut Cara Membersihkannya

5 Bersihkan Paru-paru Alami dengan Cara Alami--Freepik/Checking x-ray

JAKARTA, DISWAY.ID - Sejumlah faktor bisa jadi penyebab munculnya infeksi pada paru-paru. Infeksi ini bisa sangat berisiko jika tidak segera ditangani.

Bahkan jika ditangani segera, infeksi paru-paru ini juga bisa ditularkan melalui darah dari ibu hamil ke janinnya.

Dilansir dari alodokter, berikut penyebab infeksi paru-paru dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:

BACA JUGA:Ini Pengakuan Nikita Mirzani Soal Isu 'Dilindungi' Ferdy Sambo saat Terseret Kasus: Kalau Waktu Itu...

1. Bakteri

Umumnya, bakteri lebih sering menyebabkan infeksi paru-paru. Jika dibandingkan dengan penyebab infeksi lainnya, infeksi paru-paru akibat bakteri biasanya berlangsung lebih lama dan berat. Meski begitu, pengobatan yang cepat dan tepat bisa membunuh bakteri dan mencegah penderitanya dari komplikasi.

Jenis bakteri yang paling umum menyebabkan infeksi paru-paru adalah Streptococcus pneumonia, Mycoplasma pneumoniae, Bordetella pertussis, dan Mycobacterium tuberculosis.

BACA JUGA:Diiringi Musik dan Tarian Khas Palembang, Partai Masyumi Daftar Pemilu 2024 di KPU

2. Virus

Beberapa virus dapat menyerang saluran pernapasan dan paru-paru, sehingga menyebabkan seseorang mengalami infeksi pada paru-parunya. Jenis virus yang kerap menyebabkan infeksi paru-paru adalah virus influenza, virus Corona, enterovirus, dan respiratory syncytial virus (RSV).

3. Jamur

Meski cukup jarang terjadi, infeksi jamur bisa menyerang organ pernapasan, misalnya paru-paru. Beberapa jamur yang bisa menginfeksi paru-paru adalah jamur Aspergillus, Cryptococcus, Pneumocytis, dan Histoplasma capsulatum.

BACA JUGA:Ini Pernyataan Tegas Menpora Usai Aksinya Angkat Trofi Piala AFF U-16 Banjir Hujatan

Biasanya, infeksi paru-paru oleh jamur lebih rentan dialami oleh penderita HIV dan AIDS, penderita kanker, atau orang yang mengonsumsi obat imunosupresan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: