Eksistensi Honda Brio Sudah Menginjak 10 Tahun, Ini Cara HPM Merayakannya

Eksistensi Honda Brio Sudah Menginjak 10 Tahun, Ini Cara HPM Merayakannya

Eksistensi Honda Brio Sudah Menginjak 10 Tahun, Ini Cara HPM Merayakannya-M Ichsan/Disway.id-

TANGERANG, DISWAY.ID- Eksistensi Honda Brio di Indonesia ternyata sudah memasuki tahun ke-10. Untuk merayakannya, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengadakan sebuah seremoni yang diadakan di booth Honda pada ajang GIIAS 2022, 17 Agustus 2022.

Seperti diketahui, sejak pertama kali diperkenalkan hingga saat ini, Honda Brio banyak meraih pencapaian dari sisi penjualan dan penghargaan, serta turut berkontribusi untuk industri otomotif nasional, terutama melalui program LCGC.

Honda Brio hadir pertama kali di Indonesia pada tahun 2012 sebagai mobil City Car terbaru dari Honda. Honda Brio sebelumnya hadir lebih dulu di India dan juga Thailand dan telah diterima baik oleh konsumen di masing-masing negara.

BACA JUGA:Hino Gelar Talkshow Peduli Keselamatan Berkendara Bagi Pengemudi Truk dan Bus di GIIAS 2022

BACA JUGA:GIIAS 2022: Batch 2 Hino Telematics Safety Driving Competition 2022, Rekor Peserta Terbanyak dari MURI

Pada tahun 2013, PT HPM mengadopsi model Honda Brio untuk mengikuti program Low Cost Green Car (LCGC) yang dikeluarkan pemerintah Indonesia melalui Peraturan Menteri Perindustrian no.33/2013 tentang “Pengembangan Produksi KBH2.”

Sejalan dengan peraturan tersebut, Honda berusaha untuk mengembangkan sebuah model yang memenuhi regulasi LCGC dengan tetap mempertahankan berbagai keunggulan Honda Brio.

Selain itu Honda juga mengumumkan komitmen jangka panjangnya untuk melakukan investasi serta lokalisasi untuk model Honda Brio dengan nilai total investasi Honda mencapai 1,2 triliun Rupiah dan dilanjutkan dengan investasi untuk pengembangan model di masa mendatang sebesar 5,1 triliun Rupiah.

Honda kemudian memperkenalkan Brio Satya yang menjadi mobil LCGC Honda yang diproduksi di pabrik HPM di Karawang.

Sesuai dengan komitmen untuk program LCGC, Honda Brio tidak hanya diproduksi secara lokal di Indonesia, tetapi juga terus meningkatkan kandungan lokalnya dari tahun ke tahun, mulai dari eksterior, interior, bodi, sasis, mesin hingga elektrik.

Tak hanya itu, produksi Brio Satya di Indonesia juga melibatkan banyak supplier lokal Indonesia yang jumlahnya juga meningkat dari tahun ke tahun.

Dengan tingkat local purchase mencapai 95 persen, Honda Brio saat ini tercatat sebagai model Honda dengan local purchase tertinggi. Volume produksi Honda Brio di Indonesia kembali meningkat ketika pada tahun 2015, seluruh model Honda Brio resmi diproduksi secara lokal di Indonesia.

BACA JUGA:Peserta Honda Brio Virtual Modification #4 Pecahkan Rekor Peserta

Kesuksesan Honda Brio Satya di segmen LCGC kemudian dilanjutkan dengan menghadirkan varian bertransmisi CVT yang diluncurkan pada ajang IIMS 2016. Selain itu juga untuk pertama kalinya di dunia, Honda Brio diluncurkan dalam varian RS yang tampil dengan desain yang lebih sporty.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: