Komjen Agus Andrianto Kelabakan, Anak Buahnya Terlibat Penerimaan Uang Rp 4,7 Miliar di Kasus AKBP Dalizon

Komjen Agus Andrianto Kelabakan, Anak Buahnya Terlibat Penerimaan Uang Rp 4,7 Miliar di Kasus AKBP Dalizon

Kabareskrim Komjen Agus Andrianto akhirnya membuat pernyataan bahwa dirinya membantah soal keterlibatan di kasus dugaan tambang batu bara ilegal di Kalimantan Timur--

Dakwaan JPU itu menjelaskan, rincian dari Rp 10 miliar itu di antaranya Rp 4,750 miliar dialirkan AKBP Dalizon kepada Anton Setiawan secara bertahap.

IPW menyebut jika AKBP Dalizon menyetorkannya setiap dengan nominal Rp 500 juta kepada Kombes Anton Setiawan.

"Bahkan, dalam persidangan Rabu 7 September 2022, AKBP Dalizon mengaku siap bulan menyetor Rp 500 juta per bulan ke Kombes Anton Setiawan. Pengakuan Dalizon ini menjadi viral di media sosial," ujarnya.

Sementara itu, uang senilai Rp 5,250 miliar digunakan AKBP Dalizon untuk keperluan pribadinya, seperti membeli rumah seharga Rp 1,5 miliar.

BACA JUGA:Komjen Agus Andrianto Bocorkan Hasil Penyelidikan, Isu Perselingkuhan Putri dan Kuat Terbongkar: Terkonfirmasi

Tak berhenti sampai di situ, dia juga melakukan transksi tukar tambah kendaraan mobil senilai Rp 300 juta dan membeli 1 unit mobil Honda Civic seharga Rp 400 juta.

Lalu AKBP Dalizon juga melakukan deposito senilai Rp 1,4 miliar ke rekening istri.

IPW menuturkan dalam persidangan kasus gratifikasi dan pemerasan Proyek Pembangunan Infrastruktur Dinas PUPR Kabupaten Musi Banyuasin tahun 2019 tidak pernah dihadiri oleh Kombes Anton Setiawan.

Sebab, katanya, JPU tak pernah menuntut kepada Kombes Anton Setiawan untuk memberikan kesaksian di persidangan.

BACA JUGA:Akhirnya Komjen Agus Andrianto Bongkar Fakta Perselingkuhan Putri dan Kuat di Magelang, Dugaan Deolipa Benar?

Hanya saja terbongkarnya aliran uang gratifikasi dan pemerasan itu, IPW menilai bahwa AKBP Dalizon hanya dijadikan tumbal oleh institusi Polri.

Sementara itu, menurut IPW, Kombes Anton Setiawan tak tersentuh lantaran diduga mendapat perlindungan dari Bareskrim Polri.

"Sementara atasannya yakni Kombes Anton Setiawan dilindungi dan ditutup rapat oleh Bareskrim Polri agar tidak tersentuh hukum. Padahal, dalam kasus tersebut jelas ada persekongkolan jahat yang tidak hanya melibatkan AKBP Dalizon," terangnya.

Menurut IPW, hal itu semakin jelas lantaran kasus gratifikasi dan pemerasan yang menjerat AKBP Dalizon kini diambil alih oleh Bareskrim Polri.

BACA JUGA:Komjen Agus Andrianto Beri Keterangan Tegas Soal Isu Perselingkuhan Putri dan Kuat: Saya Pernah Ungkapkan...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: