Alasan Penangguhan Penahanan Hendra Kurniawan dan Agus Hingga Dikabulkan Majelis Hakim

Alasan Penangguhan Penahanan Hendra Kurniawan dan Agus Hingga Dikabulkan Majelis Hakim

Penasihat Hukum Hendra Kurniawan, Sangun Ragahdo Yosodiningrat.-M. Ichsan-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Setelah sempat ditunda, akhirnya terdakwa Hendra Kurniawan dalam kasus obstruction of justice dalam kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yodua Hutabarat (Brigadir J) akan segera menjalani sidang etik KKEP Polri.

Informasi ini diungkapkan langsung oleh penasihat hukum Hendra, Sangun Ragahdo Yosodiningrat setelah kliennya menjalani agenda sidang lanjutan dalam pemeriksaan saksi-saksi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Kamis 27 Oktober 2022.

Menurut Sangun, setelah penahanannya di Kejaksaan ditangguhkan Hendra akan segera menjalani sidang etik di Mabes Polri.

BACA JUGA:Kuasa Hukum Hendra-Agus Tak Banyak Tanya ke Saksi: Tidak Ada Sangkut Pautnya dengan Terdakwa

Diketahui, Komisi Kode Etik Profesi (KKEP) Mabes Polri telah menggelar sidang terhadap sejumlah perwira polisi yang terkait dengan kasus kematian Brigadir J.

Setidaknya 5 perwira Polri Masingtelah menjalani sidang etik dan diputuskan KKEP Polri dipecat sebagai anggota Korps Bhayangkara.

Kelimanya  yaitu mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, mantan Wadirkrimum Polda Metro Jaya, AKBP Jerry Raymond Siagian, mantan Kaden A Biropaminal Divpropam Polri Kombes Agus Nurpatria, eks eks Kasubbagriksa Baggak Etika Rowabprof Divpropam Polri Kompol Baiquni Wibowo dan mantan PS Kasubbagaudit Baggaketika Rowabrof Divpropam Polri Kompol Chuck Putranto.

Sedangkan sidang terhadap mantan Kepala Biro Pengamanan Internal Divisi Propam (Karopaminal Div Propam) Polri Brigjen Hendra Kurniawan, masih tertunda. Begitu juga terhadap mantan Kasubnit I Sub Direktorat (Subdit) III Dittipidum Bareskrim Polri AKP Irfan Widyanto dan mantan Wakaden B Ropaminal Divpropam Polri AKBP Arif Rahman. 

“Permohonan telah masuk ke majelis hakim pertama ini dari Kadiv Propam untuk pak Hendra Kurniawan karena rencananya sidang etik akan dilaksanakan pada hari Senin besok, 31 Oktober 2033,” ungkap Sangun Ragahdo menjelaskan salah satu alasan mengajukan penangguhan penahanan.


Pengunduran sidang Hendra Kurniawan diungkapkan Majelis Hakim. -Bambang Dwi Atmodjo-

Putra dari pengacara Henry Yosodiningray ini juga mengungkapkan, selain Hendra, terdakwa Agus Nurpatria juga mengajukan penangguhan penahanan untuk bisa melayat kakaknya yang meninggal dunia.

BACA JUGA:Nah Bukan Cuma Sirup, Etilen Glikol Juga Buat Obat Tetes dan Vitamin, 65 Item Ini Dinyatakan Aman

“Lalu Pak Agus Nurpatria, kami dari penasihat hukum mengajukan permohonan untuk bisa melayat karena kakak kandungnya meninggal dunia pada kemarin,” jelasnya.

Atas permohonan penangguhan penahanan dari kedua terdakwa tersebut, Majelis hakim akhirnya mengabulkan permohonan untuk ditangguhkan penahanan terhadap Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: