Ini Alasan Ubi Jalar Bisa Jadi Camilan Sehat Sempurna untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Ini Alasan Ubi Jalar Bisa Jadi Camilan Sehat Sempurna untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Manfata Konsumsi Ubi Jalan untuk Menu Diet---PEXELS

JAKARTA, DISWAY.ID - Tak banyak orang tahu bahwa ternyata mengonsumsi olahan ubi jalar mampu menurunkan berat badan seseorang.

Meski sering disebut orang-orang dengan sebutan "ubi manis", tetapi jangan biarkan kata itu menghalangi Anda untuk mengonsumsinya karena takut gemuk.

Dilansir dari laman Indian Express, jangan khawatir dengan kadar gula dan berat badan karena ubi jalar bisa membantu Anda mengontrol keduanya.

BACA JUGA:Bunda Mesti Tahu, Ini Manfaat Pijat Bayi, Bisa Melatih Indra dan Rasa Sensitif

BACA JUGA:4 Manfaat Mandi di Malam Hari untuk Kesehatan: Katanya Picu Rematik, Yakin?

"Ubi jalar (Ipomoes batatas) juga dikenal sebagai Shakarkand atau Sakkaravalli kizhangu (Tamil) atau Chilagada dumpa (Telugu) sangat kaya nutrisi," kata Dr Manasa Lakshmi Penta, Ahli Diet Klinis, Institut Ilmu dan Penelitian Medis GITAM (GIMSR).

"Berbeda dengan kentang bertepung, kentang kaya akan serat, vitamin, protein, dan mineral. Ubi jalar 100 gram mengandung lebih dari 70 persen air. Ini menyediakan 28 gram karbohidrat, 1,6 gram protein dan 120 kalori. Saat dimasak dan dimakan bersama kulitnya, ubi jalar merupakan sumber serat yang baik, menyediakan 4 gram serat untuk setiap 100 gram,” sambungnya.

Kesalahpahaman umum adalah bahwa penderita diabetes harus menghindari semua makanan yang ditanam di bawah tanah, atau dikenal sebagai akar dan umbi.

"Meskipun ubi jalar termasuk umbi-umbian, namun jika direbus dan dimakan dengan kulitnya, ia menyediakan sekitar 4 gram serat untuk setiap 100 gramnya," tutur Dr Manasa.

BACA JUGA:Trending! Yaqut Cholil Qoumas Mencuat di Twitter, Ucapan 'Offside' Menag Diperingatkan: Tidak Miliki Manfaat

BACA JUGA:Belum Tahu Manfaat Energi Nuklir? Berikut Penjelasan BAPETEN

"Ini memberikan rasa kenyang dan kenyang, yang berarti mengatasi rasa lapar Anda. Kami menggunakan indeks glikemik atau GI sebagai penanda yang menunjukkan seberapa cepat dan seberapa tinggi kadar glukosa darah Anda naik setelah makan. Ubi jalar rebus dengan kulitnya memiliki GI 60, yang membuatnya menjadi makanan GI sedang. Ini bisa jadi karena kandungan seratnya yang tinggi. Jadi ini adalah pilihan makanan ringan yang enak dan bisa digunakan sebagai pengganti kentang biasa yang biasanya memiliki GI tinggi. Karena ubi jalar masih kaya akan karbohidrat, maka perlu digunakan dalam jumlah sedang dan dalam porsi yang disarankan oleh ahli gizi dan dokter Anda," tambahnya.

BISAKAH UBI JALAR MEMBANTU MENGATUR BERAT SETELAH LATIHAN?

Seringkali di India, ubi jalar digunakan untuk berbuka puasa karena merupakan sumber karbohidrat yang baik dan dikenal dapat mengisi kembali kadar glikogen yang terkuras dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: