Kompol Chuck Cerita Saat Ferdy Sambo Tanya Soal CCTV: Beliau Bertanya kepada Saya

Kompol Chuck Cerita Saat Ferdy Sambo Tanya Soal CCTV: Beliau Bertanya kepada Saya

Penampakan Brigadir J dari CCTV di sekitar rumah Ferdy Sambo diputar jaksa penuntut umum (JPU) dalam sidang perintangan penyidikan beberapa waktu lalu--PMJ NEWS

JAKARTA, DISWAY.ID-Sidang lanjutan Perintangan Penyidikan atau obstruction of justice kematian Brigadir J kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis 15 Desember 2022. 

Pada agenda hari ini, Jaksa penuntut umum (JPU) menghadirkan Kompol Chuck Putranto sebagai saksi untuk Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria.

Dalam kesaksianya, mantan PS Kasubbagaudit Baggaketika Rowabprof Divisi Propam Polri itu menceritakan ketika Ferdy Sambo menanyakan keberadaan DVR CCTV Pos Satpam Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan pada 11 Juli 2022. 

BACA JUGA:Misteri Barang Pribadi Brigadir J Terungkap, Chuck Putranto Menitipkan Pada Sosok Ini

Saat itu, Ferdy Sambo memanggil Kompol Chuck Putranto ke ruangannya.

"Beliau bertanya kepada saya, CCTV di mana? Saya jawab CCTV yang mana, jenderal?" kata Chuck menirukan percakapan dengan Ferdy Sambo di ruang sidang, Kamis 15 Desember 2022.

Ferdy Sambo, lanjut Chuck, menanyakan DVR CCTV di sekitar rumah dinasnya. Kala itu, Chuck mengatakan DVR CCTV telah diserahkan ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Ferdy Sambo pun menanyakan sosok yang memerintahkan Chuck Putranto menyerahkan DVR CCTV ke Polres Jaksel. Saat itu, Kombes Budhi Herdi Susianto menjabat sebagai Kapolres. 

"Saya hanya jawab siap. Kamu ambil sekarang itu ke Polres, kemudian kamu salin dan kamu lihat isinya. Itu perintahnya," kata Chuck Putranto.

BACA JUGA:Chuck Putranto Tak Berkutik Setelah Eksepsinya Ditolak Majelis Hakim

Kompol Chuck lantas menjawab apakah tidak menimbulkan masalah ketika dirinya menyalin dan melihat isi rekaman itu.

Karena saya berpikir pada saat itu apakah boleh menyalin atau tidak, karena saat itu DVR sudah di Polres. Kemudian beliau sampaikan, "Sudah jangan banyak tanya kamu. Kalau ada apa-apa, saya yang bertanggung jawab," kata Chuck mengulang perkataan Sambo saat itu. 

Mendengar perintah Ferdy Sambo, Kompol Chuck langsung menghubungi AKP Rifaizal Samual yang saat itu menjabat Kanit 1 Satreskrim Polres Metro Jaksel. 

"Karena perintah, saya ke luar ruangan Pak Ferdy Sambo, saya menelepon AKP Samual," ujar Chuck. Kompol Chuck pun menanyakan kepada AKP Rifaizal Samual ihwal lokasi pengambilan DVR CCTV yanh telah diserahkannya itu. "Terus dia tanya, kan, sudah diserahkan ke saya, bang. Saya sampaikan perintah bapak (Ferdy Sambo, red)," kata Chuck menirukan percakapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: