Jangan Keseringan Minum Kopi di Pagi Hari, Ini Efek Negatifnya

Jangan Keseringan Minum Kopi di Pagi Hari, Ini Efek Negatifnya

Efek samping minum kopi setelah makan siang-Ilustrasi/secangkir kopi-Pixabay

JAKARTA, DISWAY.ID - Kopi merupakan minuman yang populer di seluruh dunia dan sering dijadikan sebagai minuman pembangkit energi di pagi hari.

Kopi mengandung kafein, yang dapat meningkatkan tingkat energi, memperbaiki mood, dan meningkatkan konsentrasi.

Namun, konsumsi kopi yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti gangguan tidur, kecemasan, tekanan darah tinggi, dan masalah pencernaan.

BACA JUGA:6 Mitos Tentang Kopi yang Dapat Mengganggu Kesehatan Tubuh, Ibu Hamil Masih Bisa Minum, Tapi...

Jadi, meskipun kopi dapat memberikan manfaat jangka pendek, ada baiknya untuk tidak terlalu sering mengonsumsi kopi dan membatasi jumlah konsumsi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kopi hitam merupakan jenis kopi yang tidak dicampur dengan susu atau gula, sehingga rasanya lebih kuat dan sedikit pahit.

Kopi hitam sering dijadikan sebagai minuman pagi hari karena mengandung kafein yang dapat meningkatkan tingkat energi dan memperbaiki mood.

Konsumsi kopi secara teratur dapat menyebabkan beberapa efek samping, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin terjadi:

BACA JUGA:5 Kedai Kopi Asyik Buat Tongkrongan di Bandung yang Layak Direkomendasikan

1. Gangguan tidur: Kopi mengandung kafein, yang dapat meningkatkan tingkat energi dan membuat seseorang merasa lebih terjaga. Namun, konsumsi kopi terlalu sering atau terlalu dekat dengan waktu tidur dapat menyebabkan gangguan tidur.

2. Kecemasan: Kafein dapat meningkatkan tingkat kecemasan seseorang, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

3. Tekanan darah tinggi: Kopi dapat meningkatkan tekanan darah seseorang, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

4. Dehidrasi: Kopi dapat menyebabkan dehidrasi karena dapat meningkatkan produksi urine.

BACA JUGA:Ini 9 Alasan Kenapa Kamu Wajib Banget Ngopi di Pagi Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: