Heboh Bentrokan Maut di PT GNI, Kompolnas: Tahan Diri, Jangan Sampai Ada Kekerasan Lanjutan

Heboh Bentrokan Maut di PT GNI, Kompolnas: Tahan Diri, Jangan Sampai Ada Kekerasan Lanjutan

Melalui Pengawas Ketenagakerjaan dan Mediator Hubungan Industrial, Kemenaker mulai mengumpulkan data terkait dengan kerusuhan pabrik Nikel Marowali ke PT GNI.---Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID - Heboh adanya bentrokan maut yang melibatkan antara ratusan pekerja di area smelter PT Gunbuster Nickel Industri atau PT GNI, Morowali Utara, Sulawesi Tengah pada Sabtu malam, 14 Januari 2023.

Akibat bentrokan maut itu, alhasil menimbulkan adanya tiga orang koran jiwa, yang mana salah satunya adalah tenaga kerja asing (TKA).

Kompolnas mengimbau agar semua pihak untuk segera menahan diri agar tidak ada korban lainnya yang berjatuhan.

BACA JUGA:PT GNI Buka Suara soal Bentrok Antar Pekerja di Morowali: Singgung soal Keberlangsungan Investasi?

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti mengaku sangat prihatin dengan adanya tragedi berdarah di PT GNI itu.

"Kami sungguh prihatin jatuhnya korban jiwa, korban luka-luka, dan rusaknya barang-barang dalam kasus PT GNI," ujar Poengky, pada Senin 16 Januari 2023.

"Jika benar konflik berasal dari konflik perburuhan, maka kami berharap akar masalah yang memunculkan konflik tersebut diurai dan diselesaikan secara damai oleh para pihak yang berkonflik," sambungnya.

Tak lupa Kompolnas meminta pemerintah daerah (Pemda) untuk segera turun tangan membantu menyelesaikan tragedi ini.

BACA JUGA:Polri Pastikan Situasi di Morowali Kondusif Pasca Bentrokan Maut di PT GNI

Pihak kepolisian diminta Kompolnas juga untuk secepatnya melakukan pengusutan kasus tersebut secara profesional.

"Pihak pemerintah daerah perlu membantu menjadi penengah bagi pihak-pihak yang berkonflik. Sedangkan terkait adanya kekerasan yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, korban luka-luka, dan kerugian harta benda, hal tersebut harus diusut secara profesional oleh pihak kepolisian dengan dukungan scientific crime investigation," tukasnya.

"Kami berharap pihak-pihak yang berkonflik cooling down, menahan diri agar tidak terjadi kekerasan lanjutan," tutur Poengky menambahkan.

Sebelumnya, Direksi dari PT Gunbuster Nickel Industry atau PT GNI turut menyikapi insiden yang konon melibatkan TKA China dan pekerja lokal di lokasi proyek, di Morowali Utara, Sabtu 14 Januari 2023.

BACA JUGA:Siapa Pemilik PT GNI? Perusahaan Tempat Seleb TikTok Nirwana Selle Bekerja Hingga Meregang Nyawa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: