Saksi Ahli Beberkan Kesalahan Tim Penyidik Saat Analisa Laptop yang Patah: Harusnya Data Hard Disk Masih Bisa di Copy

Saksi Ahli Beberkan Kesalahan Tim Penyidik Saat Analisa Laptop yang Patah: Harusnya Data Hard Disk Masih Bisa di Copy

Saksi ahli beberkan kesalahan tim penyidik saat analisa laptop yang patah dan mengungkapkan harusnya data hard disk masih bisa di copy.-Tangkap Layar Youtube -Tangkap Layar Youtube

JAKARTA, DISWAY.ID - Dalam sidang Sambo dengan terdakwa Arif Rachman Arifin di persidangan perintangan penyidikan pembunuhan Birgadir J di Pengadilan Negeri, Jakarta Selatan, Jumat 20 Januari 2023 menghadirkan saksi ahli.

Pada agenda sidang lanjutan tersebut, kuasa Hukum Arif Rachman Arifin menghadirkan saksi ahli meringankan yang merupakan ahli komputer forensik dan cryptography, Setyadi Yazid untuk mengungkapkan keilmuannya mengenai Komputer.

Setyadi Yazid menjelaskan mengenai akses hardisk pada laptop yang dipatahkan yang berisikan data CCTV rumah Ferdy Sambo dalam kasusu pembunuhan Brigadir J.

Dalam kesempatan itu, saksi ahli beberkan kesalahan tim penyidik saat analisa laptop yang patah dan mengungkapkan harusnya data hard disk masih bisa di copy.

BACA JUGA:Katalog Promo JSM Indomaret Terbaru Hari Ini Sabtu, 21 Januari 2023: Ada Diskon Besar-besaran!

BACA JUGA:Katalog Promo JSM Alfamart Terbaru Hari ini, Sabtu 21 Januari 2023: Full Diskon!

Awalnya, tim kuasa hukum Arif Rachman Arifin bertanya kepada ahli komputer tentang bagaimana laptop yang sudah dipatahkan, sampai membuat motherboard itu patah, tapi tidak merusak hardisk. 

Pertanyaan tersbeut juga di perjelas oleh Hakim yang kemudian diungkapkan oleh Setyadi jika laptop tersebut dipatahkan, hardisk laptop tersebut masih tetap bisa diakses  

Menurut Setyadi syaratnya jika hard disk masih dalam keadaan utuh maka data tersebut masih aman untuk bisa diakses kembali.

BACA JUGA:Datang Nonton DBL, Kapolda Riau: Kompetisi Ini Punya Multiplier Effect

BACA JUGA:Nunut Besar

Setyadi Yazid menegaskan, meskipun laptop itu sudah dipatahkan menjadi beberapa bagian, maka hardisk yang di dalam tidak akan berubah karena memiliki pelindung yang kuat di dalam dibanding di luarnya.

Jika, ingin membuka hard disk yang terlihat masih utuh meskipun laptop tersebut dalam keadaan patah, tapi tetap masih bisa dipakai tapi dengan menggunakan komputer yang lain.

"Biasanya kalau laptop dalam keadaan mati lalu dipatahkan, maka hard disk nya tidak akan berubah, hard disk ada casenya yang lebih kuat daripada luarnya, sehingga dia tahan. Untuk mengaksesnya memang dengan komputer lain," jelas Setyadi Yazid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: