Jangan Terkecoh! Pesan Berantai Penculikan Anak Dipastikan Hoax, Polisi: Sudah Beredar Sejak 2018

Jangan Terkecoh! Pesan Berantai Penculikan Anak Dipastikan Hoax, Polisi: Sudah Beredar Sejak 2018

Hoax--

JAKARTA, DISWAY.ID - Heboh adanya pesan berantai terkait kabar penculikan anak yang tersebar luas di media sosial lengkap dengan foto pelaku penculikan.

Pesan tersebut berisi tentang informasi penculikan yang sudah terjadi di beberapa lokasi, ada di Jakarta dan juga Depok.

Bahkan pesan tersebut terlihat ada logo Polda Metro Jaya plus Binmas Polri yang disebut-sebut sebagai pihak resmi yang menyebarkanluaskan informasi penculikan tersebut.

BACA JUGA:Waspada Penculikan Anak, Polda Banten Beri Imbauan

Namun, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko secara tegas membantah kabar tersebut dan memastikan bahwa itu merupakan berita bohong (hoax).

Kombes Pol Trunoyudo menyebut bahwa sebenarnya pesan berantai itu sudah tersebar luas sejak beberapa tahun lalu.

"Hoax, kasus sebaran ini sejak 2018," kata Trunoyudo dikutip dari PMJ News pada Sabtu, 28 Januari 2023.

Ia meminta masyarakat tidak mudah terpancing dengan tersebarnya pesan berantai itu.

BACA JUGA:Motif Penculikan MA Terungkap! Tersangka Diduga Punya Hasrat Seksual pada Anak

Selain itu Trunoyudo juga mengimbau masyarakat perlu melakukan pengecekan kebenaran terseblih dahulu agar tidak mudah terkecoh.

"Agar warga tidak lagi termakan isu-isu hoax yang dapat meresahkan masyarakat, saring dulu sebelum sharing," pungkasnya,

Apabila mendapatkan pesan berantai seperti itu, masyarakat diminta langsung melaporkannya kepada pihak berwenang di sekitar lingkungan.

"Manfaatkan layanan layanan kepolisian, baik melalui Bhabinkamtibmas di RW setempat, layanan di Polsek dan Polres, bahkan Polda Metro Jaya untuk setiap informasi yang meresahkan." tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: