Bharada E Berpeluang jadi Polisi, Pihak Brigadir J : Kita Ikuti Saja Proses

Bharada E Berpeluang jadi Polisi, Pihak Brigadir J : Kita Ikuti Saja Proses

Bharada E terlihat menangis mendengarkan tuntutan dari JPU dengan 12 tahun penjara.-tangkapan layar youtube-

JAKARTA, DISWAY.ID-Ayah Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Samuel Hutabarat merespon terkait peluang Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E yang berpeluang kembali menjadi anggota polisi usai menjalani hukuman. 

Samuel mengatakan pihak keluarga akan mengikuti proses dan keputusan instansi di Polri.

"Itu adalah suatu aturan dari instansi pemerintahan atau kepolisian. Kita ikuti saja proses yang ada di Kepolisian," kata Samuel di Bareskrim, Mabes Polri, Jumat 17 Februari 2023.

BACA JUGA:Orang Tua Ungkap Bharada E Tidak Trauma Menjadi Brimob: Dia Cinta Polri

BACA JUGA:Respons Kejagung Terhadap Vonis Bharada E

Pengacara keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak menambahkan, terkait vonis rendah yang dijatuhkan ke Bharada E merupakan perjuangan dan permintaan dari keluarga Brigadir J.

Mengingat Richard Eliezer sepanjang proses hukum kasus itu telah berkata secara jujur sehingga perkaranya terbuka terang benderang. 

"Untuk RE tadi kami diskusikan juga dengan Kabareskrim kenapa kami dari pihak keluarga meminta supaya dia di bawah lima tahun. Saya punya pemikiran begini, kalau kita tidak lindungi orang yang baik dan jujur saya khawatir sistem peradilan Indonesia orang akan khawatir berkata jujur di penyidikan, penuntutan, di pengadilan," jelas Kamaruddin. 

Lebih lanjut, ia menegaskan jika pihak keluarga tidak merasa keberatan atas vonis yang diberikan kepada Bharada E. 

"Tidak keberatan karena saya sendiri juga yang berjuang supaya dia jadi JC," kata Kamaruddin.

Sebelumnya, Ibu Bharada E, Rynecke Alma Pudihang mengatakan anaknya tidak memiliki trauma menjadi Polri meski telah menjadi eksekutor penembakan Brigadir Yosua Hutabarat. 

Lebih lanjut, Rynecke mengungkapkan jika putranya cinta terhadap Polri. Dia menyebut perjuangan Bharada E untuk lolos menjadi anggota Polri cukup panjang. 

“Engga (trauma-red), (karena) Icad itu memang cinta polisi. Dia memang cinta polisi karena dari awal kan dia cita-citanya itu dia berjuang mati-matian sampai tiga kali empat kali. Tiga kali di kepolisian, dia ikut tes. Ketiga dia lolos,” kata Rynecke Alma Pudihang di rumahnya di Kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu, 13 Februari 2023.

BACA JUGA:Mabes Polri Angkat Bicara Soal Vonis Richard Eliezer, Lanjut Sidang Etik ?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: