Induk Organisasi Bola Basket Internasional: FIBA Atur Regulasi Hingga Pendapatan Kompetisi

Induk Organisasi Bola Basket Internasional: FIBA Atur Regulasi Hingga Pendapatan Kompetisi

Induk organisasi bola basket internasional adalah Federasi Bola Basket Internasional atau International Basketball Federation (FIBA). -fiba-

JAKARTA, DISWAY.ID – Induk organisasi bola basket internasional adalah Federasi bola basket Internasional atau International Basketball Federation (FIBA). 

FIBA didirikan pada tahun 1932 dan berkantor pusat di Mies, Swiss, di mana induk organisasi bola basket internasional ini bertanggung jawab untuk mengatur dan mengembangkan olahraga bola basket di seluruh dunia.

Selain itu induk organisasi bola basket internasional ini juga menyelenggarakan berbagai kompetisi internasional, termasuk Kejuaraan Dunia FIBA, Olimpiade, dan Piala Dunia FIBA 3x3. 

Tak hanya itu, FIBA juga mengatur peraturan permainan, aturan untuk pertandingan, dan mengembangkan program pengembangan bola basket untuk semua usia dan tingkat keahlian.

BACA JUGA:Erick Thohir Bubarkan Tim LOC Piala Dunia U-20 2023: Terima Kasih Untuk Kerjasama Seluruh Tim

BACA JUGA:Wuling Mini EV Hanya Rp 50 Jutaan, Ada Varian Convertible

FIBA didirakan oleh delapan negara pada tahun 1932, di mana dibawah induk organisasi bola basket internasional ini terdapat 212 Federasi Bola Basket Nasional dari seluruh dunia.

Dari 212 Federasi Bola Basket Nasional dari seluruh dunia, FIBA mempunyai lebih dari 450 juta pemain dan penggemar.

FIBA seindiri ikut mengatur dan mengawasi kompetisi internasional termasuk Piala Dunia Bola Basket FIBA, Piala Dunia Bola Basket Wanita FIBA, dan Turnamen Bola Basket Olimpiade.

Selain mengatur regulasi pertandingan, FIBA juga ikut andil dalam mengatur hubungan antara berbagai anggota komunitas bola basket.

BACA JUGA:APA Ikut Menjadi Saksi AG Selain Mario Dandy dan Shane Lukas Dalam Kasus Penganiayaan David Ozora

BACA JUGA:Mario Dandy dan Shane Lukas Jadi Saksi di Sidang AG

Saat ini FIBA memiliki lima Kantor Regional untuk memberikan layanan langsung kepada Federasi Anggota Nasional di antaranya Africa, America, Asia, Europe dan Oceania.

Sejak berdiri FIBA telah berhasil memperoleh banyak pencapaian dan mengembangkan basket secara internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: