Pendapat Ustaz Syafiq Tegas Soal Perbedaan Hari Raya Idul Fitri 2023 di Indonesia: Jumhur Ulama Berpendapat...

Pendapat Ustaz Syafiq Tegas Soal Perbedaan Hari Raya Idul Fitri 2023 di Indonesia: Jumhur Ulama Berpendapat...

Menurut GP Ansor pengajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah kerap menyinggung dzikir-dzikir NU yang dianggap sesat-Foto/Tangkapan Layar/YouTube/Syafiq Riza Basalamah Official-

Ustaz Syafiq menjelaskan bahwa berdasarkan keterangan Rosulullah Shallallhu 'alaihi wasallam, maka jika penglihatan hilal terhalang, maka puasa dilengkapi sampai 30 hari.

"Lalu apa yang harus dilakukan? Nabi Shallallhu 'alaihi wasallam, 'Ya sudah kalau malam 30 itu tidak kelihatan, kalian lengkapi jadi 30 hari'.

"Sekali lagi bukan nggak ada hilal, ya, tapi terhalang karena tidak kelihatan. Yang menggunakan hisab, nggak melihat itu sudah," jelasnya lagi.

"Ada pendapat sedikit sebenarnya itu dari ulama yang membolehkan hisab itu. Hukum asalnya tetap rukyatul hilal (melihat hilal).

BACA JUGA:Mantap! Harga BBM Terbaru Turun 700-1.800 per Liter Hari Ini 12 April 2023, Pertamina Pastikan 402 SPBU Motoris Bisa Tembus Contraflow saat Arus Mudik

Ustaz Syafiq menegaskan, jika ingin aman dalam menentukan hari raya Idul Fitri 2023, maka tetap berpatokan pada hukum asalnya, melihat hilal (rukyatul hilal).

"Apa sikap kita sekarang? Karena Nabi Shallallhu 'alaihi wasallam sudah memberi patokan kepada kita, maka kita ikut itu.

"Kalau memang mendung nggak kelihatan, namun secara hitung-hitungan itu masuk, ya kita jaga puasa (lengkapi 30 hari).

"Loh, antum gimana puasa, ini Idul Fitri sudah, kadang-kadang seperti itu. Iya, itu Idul Fitri menurut hitungan (hisab).

BACA JUGA:Rocky Gerung Sebut Nasib Firli Bahuri di KPK Bisa Tragis, Kepentingan Besar Terendus

"Menurut yang diperintahkan Nabi untuk melihat (hilal), belum (nampak)," imbuh Ustaz Syafiq.

Kata Ustaz Syafiq, jangan heran ketika melihat bulan di hari ketiga atau lebih, posisi bulan sudah terlihat besar.

Jika hilal terhalang dalam kondisi tertentu seperti mendung, atau memang belum terlihat, maka kembali mengikuti arahan Nabi.

"Makanya kadang kala, hari ketiga itu bulan itu sudah besar (pergeseran cahaya matahari terhadap bulan). 'Wohh iyo, kita kayaknya salah nih'. Ndak, ndak salah. Karena kita mengikuti arahan Nabi Shallallhu 'alaihi wasallam.

BACA JUGA:Kenapa Bangun Tidur Kepala Pusing? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: