Kakorlantas Sarankan Pemudik dengan Kendaraan Pribadi Bawa Sopir Cadangan

Kakorlantas Sarankan Pemudik dengan Kendaraan Pribadi Bawa Sopir Cadangan

Kakorlantas Irjen Pol Firman Shantyabudi-korlantas-

JAKARTA, DISWAY.ID-Polri ingin pemudik aman, nyaman dan sampai ke tujuan. Oleh karenanya, Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi menyarankan para pemudik membawa sopir cadangan untuk meminimalisir kecelakaan akibat kelelahan.

"Saya sarankan membawa sopir cadangan kalau ada, kalau tidak ada, berhenti,” ujar Firman dalam keterangannya, Selasa 18 April 2023. 

Jika tidak ada, Firman menyarankan pengendara agar beristirahat saat lelah berkendara. Menurutnya, kondisi fisik pengendara sangat mempengaruhi perjalanan mudik. Umumnya, kata Firman, batas sopir berkendara adalah 4 jam.

BACA JUGA:Antisipasi Lonjakan Pemudik, Terminal Kalideres Tambah 150 Armada Bus

"Untuk yang profesional mungkin 4 jam, untuk yang lain-lain dua atau tiga jam berhenti istirahat,” ujarnya

Firman juga mengingatkan untuk tetap menjaga jarak dengan kendaraan lain. Dia mengimbau mengatur kesadaran pada saat di jalan.

BACA JUGA:Begini Strategi Polri Untuk Atasi Kepadatan Mudik 2023

BACA JUGA:Pengamanan Mudik 2023, Polri, TNI, Kemenag dan Pemda Terjunkan 148 Ribu Personel

BACA JUGA:Tegas! Tarif Bus Jelang Mudik 2023 Naik, Rian Mahendra: Jangan Protes ke Perusahaan Tapi ke Pemerintah!

"Jadi saran kami istirahat, jangan sampai ngantuk, kita bermain dengan second, dengan detik kecepatan, saya sampaikan saja 36 km/jam itu dalam setiap detik kita menempuh 10 meter, bayangkan kalau seorang pengemudi tiba-tiba hilang kesadaran, hanya 1 atau 2 detik itu 20 meter,” ungkapnya.

"Kalau 36 km/jam, kalau di tol berapa? 60, kita ambil, kali 2 saja, 1 detik 20 meter, tanpa kita melihat di jalan ada apa, bisa ada mobil berhenti, bisa ada orang masuk lajur atau sebagainya. Jadi penting bugar pada saat mengemudi,” pungkas.

Untuk diketahui, operasi ketupat 2023 akan dilaksanakan mulai 18 April sampai 1 Mei 2023. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan ada ratusan ribu personel Polri yang akan diterjunkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: