3 Rekayasa Lalin Disiapkan Polda Metro Antisipasi Arus Balik, Simak Situasi Hijau, kuning dan Merah

3 Rekayasa Lalin Disiapkan Polda Metro Antisipasi Arus Balik, Simak Situasi Hijau, kuning dan Merah

Tol layang MBZ macet parah-Foto/Tangkapan Layar/Instagram/@tmcpoldametro-

JAKARTA, DISWAY.ID - Ada rekayasa lalu lintas (lalin) bakal disiapkan oleh Polda Metro Jaya.

Hal ini untuk skema rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan saat puncak arus balik Lebaran, yang akan terjadi pada 24 dan 25 April 2023.

Skema arus balik ini menjadi tiga skema yaitu situasi hijau, kuning dan merah.

BACA JUGA:Peringatan Keras Wapres Maruf Amin ke Pejabat: Jangan Rusak Idul Fitri dengan Pamer

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman lantas menerangkan terkait antisipasi arus balik.

Menurut Latif, situasi hijau ditandai dengan arus lalu lintas menuju Jakarta yang normal dan tidak ada antrean. Rekayasa lalu lintas yang diberlakukan yakni Gerbang Tol Halim dan Cikunir berlaku normal.

"Gerbang Tol Halim dan Tol Cikunir diberlakukan normal, tidak ada rekayasa lalu lintas di arteri, petugas melakukan pengaturan dan penjagaan di gerbang-gerbang tol, seluruh off ramp dan traffic light sekitar off ramp," ungkap Latif dalam keterangannya, Minggu 23 April 2023.

BACA JUGA:Usai Penetapan Ganjar Sebagai Capres, PDIP Lakukan Rapat DPP

Sementara untuk situasi kuning, lanjut Latif, ditandai dengan adanya kepadatan dengan kecepatan 20 Km per jam.

Saat situasi tersebut terjadi rekayasa lalu lintas one way dari Km 414 Kalikangkung hingga Km 47 diberlakukan. Selanjutnya diberlakukan contraflow Km 28.

"GT Cibitung, GT Cikunir dan GT Halim ditambah card rider. Seluruh off ramp dalam kota dan JORR (Cibatu, Cikarang, Cibitung, Tambun, Bekasi Timur, Bekasi Barat, Pondok Gede, Halim, Tebet, Tegal Parang, Semanggi, Pulau Dua, Jati Asih, Jati Warna, Taman Mini, Cijantung, Pasar Minggu, Mampang, Fatmawati, Pondok Kelapa, Cakung Barat, Cakung Timur, Pulo Gebang, Cilincing) dilakukan pengaturan dan penjagaan maksimal," jelasnya.

BACA JUGA:Pengunjung Membludak, Ancol Tutup Penjualan Tiket Sementara

Selanjutnya untuk situasi merah, Latif menjelaskan ditandai dengan kemacetan parah arus lintas yang membuat kendaraan tidak bergerak. Sama seperti situasi kuning, situasi rekayasa lalu lintas one way dari Km 414 Kalikangkung hingga Km 47 diberlakukan.

Selanjutnya, pihak kepolisian dan stakeholder terkait akan memberlakukan contraflow di Km 3.500. Jika terjadi antrean sepanjang 2 Km, kata dia, tol akan digratiskan.

"Seluruh off rampok dalam kota dan JORR dilakukan pengaturan dan penjagaan maksimal. Seluruh traffic light di sekitar off ramp memprioritaskan arus lalu lintas dari dalam tol.

Seluruh gerbang tol menambahkan card rider dan bila terjadi antrean lebih dari 2 Km, maka tol digratiskan. Tol MBZ dari Km 47 sampai Km 10 dilakukan one way," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: