Hindari Dehidrasi Saat Serangan Gelombang Panas

Hindari Dehidrasi Saat Serangan Gelombang Panas

Adapun dampak dari dehidrasi pada kesehatan antara lain sakit kepala, kelelahan, pusing, dan bahkan kejang. 

Dalam menghindari dehidrasi, pastikan untuk minum air yang cukup sebelum, selama, dan setelah beraktivitas serta jangan menunggu sampai merasa haus untuk minum air, karena ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh sudah mulai kekurangan cairan.

Selain air, minuman olahraga juga bisa membantu menggantikan elektrolit yang hilang selama aktivitas fisik dan jangan lupa untuk menghindari minuman yang mengandung kafein atau alkohol karena keduanya dapat menyebabkan dehidrasi.

BACA JUGA:Mengenal Sosok Panji Gumilang, Pendiri Ponpes Al Zaytun Lulusan Gontor yang Sempat Disebut Sebagai Imam Besar NII KW 9, Apa Itu?

BACA JUGA:Lebaran Lutut

Jika kita beraktivitas di lingkungan yang panas atau lembap, pastikan untuk mengenakan pakaian yang ringan dan longgar, serta mengambil istirahat secara teratur untuk menyejukkan tubuh. 

Selalu perhatikan tanda-tanda dehidrasi seperti mulut kering, mata yang cekung, dan kulit kering.

Jika kita mengalami gejala dehidrasi, segera minum air dan istirahatkan diri, akan tetapi kalau gejala dehidrasi yang kita alami semakin parah, seperti pusing yang hebat, mual atau muntah, kesulitan bernapas, atau tanda-tanda kejang, segera cari bantuan medis.

Selain minum cukup air, kita juga bisa menghindari dehidrasi dengan menjaga kondisi fisik yang baik, seperti dengan melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah berolahraga, serta mengurangi aktivitas fisik jika sedang sakit atau mengalami kelelahan.

Jangan lupa untuk konsumsi makanan yang mengandung banyak air seperti buah-buahan dan sayuran juga bisa membantu tubuh mendapatkan cairan yang cukup. 

BACA JUGA:Waspada 4 Bahaya Makanan Manis untuk Anak, Perhatikan Sebelum Terlambat!

BACA JUGA:Ukraina dalam Bahaya! Rusia Turunkan Puluhan Tank Tempur T-14 Armata ke Medan Perang, Apa Kehebatannya?

Meskiun demikian pastikan untuk menghindari makanan yang mengandung garam dan gula berlebih karena keduanya dapat memperburuk kondisi dehidrasi.

Intinya, menghindari dehidrasi saat beraktivitas adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kinerja tubuh. 

Pastikan untuk minum cukup air dan mengikuti tips-tips di atas agar terhindar dari dehidrasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: