Mantap! PSSI Cari Pemain Diaspora Grade A Eropa, Agar Bisa Bersaing di Piala Asia 2024 dan Lolos Piala Dunia 2028

Mantap! PSSI Cari Pemain Diaspora Grade A Eropa, Agar Bisa Bersaing di Piala Asia 2024 dan Lolos Piala Dunia 2028

Lima pemain naturalisasi ini diharapkan segera bergabung dengan Skuad Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong.-Foto: Dok/Ilustrasi: Syaiful Amri-Disway.id

BACA JUGA:Pihak AG Pertanyakan Berkas Perkara Mario Dandy yang Belum Dilimpahkan, Kuasa Hukum: Dia Pelaku Utama dan Susah Sekali Menuntut Keadilan di Negeri Ini

Mengingat Belanda saat ini menempati koefisien keenam tertinggi Benua Biru, para bintang dengan darah Indonesia yang banyak bertebaran di sana bisa dimasukkan ke dalam kategori tadi.

Seperti Jordi Amat, Shayne Pattynama, dan Sandy Walsh yang belum lama ini akhirnya bisa memegang paspor merah-putih mereka dari Ketua PSSI yang sebelumnya, Mochamad Iriawan.

Sandy Walsh sendiri tampil di KV Mechelen di Liga Kasta Teratas Belgia. Jordi Amat menyelesaikan proses naturalisasi saat dirinya baru saja direkrut oleh raksasa Malaysia yaitu Johor Darul Takzim.

BACA JUGA:Ivar Jenner dan Rafael William Struick Resmi Menjadi WNI, Ini Janji Mereka Bila Masuk Timnas Indonesia

Sedangkan Shayne Pattynama sendiri tampil bersama klub Liga Norwegia yaitu Viking FK serta Ivar Jenner dan Pascal Struijk yang baru kemarin Senin 22 Mei 2023, resmi menjadi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Banyak pemain keturunan Indonesia bertebaran di Eropa salah satunya di Belanda yang dapat dinaturalisasi untuk menjadi WNI. 

Salah satunya adalah Kevin Diks yang merupakan bek kanan 26 tahun milik FC Copenhagen di Liga Denmark.

Kevin Diks pernah menyatakan bahwa ia sejatinya sempat memikirkan untuk mengikuti program naturalisasi agar bisa membela Timnas Indonesia. Namun nyatanya, PSSI belum pernah menghubunginya secara resmi.

BACA JUGA:Penerbangan Subsidi Pertama Susi Air di Sulawesi Selatan, Berikut Jadwal dan Harga Tiketnya

Mees Hilgers yang merupakan pemain FC Twente yang memiliki darah Indonesia meski lahir di Amersfoot, Belanda pada 13 Mei 2001. 

Darah Indonesia itu mengalir dari sang ibu, yang merupakan orang Manado, Sulawesi Utara.

Ada juga Emil Audero yang merupakan kiper Sampdoria yang sempat kencang diberitakan masuk dalam program naturalisasi PSSI. Sayangnya, kiper 26 tahun itu pernah menolak ajakan dari PSSI pada 2017.

Serta Thom Haye yang saat ini bermain di Liga Belanda bersama SC Heerenveen. Pemain 28 tahun itu tercatat lahir dan besar di Belanda, namun memiliki darah Indonesia yang berasal dari kakeknya yang merupakan orang Sulawesi Utara.

BACA JUGA:Tukang Nasi Uduk Pembobol Rumah Orang Ternyata Sudah 4 Kali Beraksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: