Polemik Warga Terpaksa Mukim di Kolong Tol Angke karena Keterbatasan Biaya Sewa Kontrakan: Yang Penting Ada Uang Kebersihan

Polemik Warga Terpaksa Mukim di Kolong Tol Angke karena Keterbatasan Biaya Sewa Kontrakan: Yang Penting Ada Uang Kebersihan

Suasana pemukiman warga di kolong Tol Angke. Pencahayaan hanya bermodalkan lampu-Foto/Dok/Andrew Tito-

Terlihat juga ada warga beraktivitas seperti biasa, seperti ibu menggendong bayinya dan anak-anak yang bermain.

BACA JUGA:Karyawan PT Batuah Energi Prima Desak Bareskrim Polri Terbitkan SP3, Gelar Aksi Damai:

Banyak Pendatang

Sebagian besar warga yang tinggal di kolong Tol Angke Jakarta Barat juga merupakan pendatang luar Jakarta yang merantau.

Salah satu warga yang dapat kami wawancari, Hasan (56 mengatakan, dirinya terpaksa tinggal di pemukiman ini karena keterbatasan biaya.

Hasan mengaku tak bisa membayar biaya sewa rumah kontrakan untuk tempat tinggal.

Kendati tinggal di tempat yang kurang layak, gelap dan cukup pengap, Hasan menyebut, yang terpenting di sini ada uang kebersihan.

BACA JUGA:Jelas! Ustaz Adi Hidayat Tanggapi Soal Perbedaan Puasa Arafah di Indonesia dan Arab Saudi: Suka Agak Keliru...

"Enggak ada uang sewa, sekadarnya aja yang penting ada uang kebersihan, tentram lah," ujar Hasan dalam keterangnnya, Rabu 21 Juni 2023.

Hasan mengaku dirinya mencari penghasilan dengan mengumpulkan barang bekas dan jual beli dus bekas dengan penghasilan yang tidak menentu.

Hasan mengaku tinggal di pemukiman kolong tol tersebut sejak tiga tahun lalu, dengan membangun sendiri tempat tinggalnya dengan triplek dan kayu-kayu bekas.

"Karena saya udah enggak kuat biaya, kan mengontrak mahal," ujarnya.

BACA JUGA: Desas-desus Penjualan Ginjal di Balik Kasus TPPO, Bekingan Bakal Dihabisi

Dengan penghasilan sebagian besar warga yang sangat minim, warga tetap bertahan untuk tinggal di kolong Tol lantaran tidak punya pilihan lain.

Sementara itu, Lurah Jelambar Baru Danur Sasono mengatakan pihaknya telah mendata warga kolong tol Angke per Kepala Keluarga selama tujuh tahun terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: