Johnny G Plate Disebut Terima Uang dari Irwan Hermawan Rp 4 Miliar Dibungkus Kardus

Johnny G Plate Disebut Terima Uang dari Irwan Hermawan Rp 4 Miliar Dibungkus Kardus

Rekaman CCTV penyerahan uang ke Komisi I DPR dan BPK terkait kasus korupsi tower BTS 4G Kominfo sudah terhapus alias lenyap.-Polda Metro Jaya-

JAKARTA, DISWAY.ID-Dilaporkan bahwa Johnny G Plate, mantan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), menerima uang sebesar Rp 4 miliar dari Irwan Hermawan, Komisaris PT Solitech Media Sinergy, pada tahun 2022. 

Dua terdakwa, Plate dan Irwan, didakwa atas dugaan korupsi proyek penyediaan menara base transceiver station (BTS) 4G dan infrastuktur pendukung 1, 2, 3, 4, dan 5 Bakti Kominfo. Jaksa membacakan surat dakwaan dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Selasa 27 Juni 2023. 

Jaksa menyatakan bahwa dari total Rp 4 miliar, masing-masing diberikan Plate sebesar Rp 1 miliar dalam  kardus.

BACA JUGA:Terima Rp 17, 8 Miliar, JPU Sebut Johnny G Plate Rugikan Negara Rp 8 Triliun

Dilaporkan bahwa Irwan mengirimkan uang kepada Welbertus Natalius Wisang melalui Windi Purnama. 

Kemudian, Welbertus Natalius Wisang menyerahkan uang tersebut kepada Plate, yang diterima sebanyak tiga kali di ruang tamu rumah pribadi Plate di Jalan Bongo 1, Cilandak, Jakarta Selatan.

Jaksa menyatakan, "dan satu kali di ruang kerja terdakwa Johnny Gerard Plate di Kantor Kemkominfo."

BACA JUGA:Jadwal Sidang Johnny G Plate Ditetapkan Kejagung

Johnny menghadiri pertemuan bersama Anang Achmad Latif, Direktur Utama Bakti Kominfo, dan Yohan Suryanto, Tenaga Ahli Human Development (HUDEV) dari Universitas Indonesia Tahun 2020.

Ketiganya adalah terdakwa dalam kasus dugaan korupsi Bakti Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tahun 2020–2022 tentang penyediaan menara base transceiver station (BTS) 4G dan infrastuktur pendukung 1, 2, 3, 4 dan 5.

BACA JUGA:Johnny G Plate Minta Setoran 500 Juta Rupiah Per bulan, JPU: Berjalan 20 Bulan

Selain ketiganya, tiga terdakwa lainnya akan menghadiri sidang perdana pada pekan berikutnya.

Mereka termasuk Galubang Menak Simanjuntak, Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia; Mukti Ali, Direktur Account Integrated Departement PT Huawei Tech Investment; dan Irwan Hermawan, Komisaris PT Solitech Media Sinergy.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: