Profil Dito Ariotedjo, Menteri Jokowi yang Terseret Kasus Dugaan Korupsi BTS, Ternyata Punya Prestasi Mentereng!

Profil Dito Ariotedjo, Menteri Jokowi yang Terseret Kasus Dugaan Korupsi BTS, Ternyata Punya Prestasi Mentereng!

Menpora Dito Ariotedjo (kiri) bersama Presiden Joko Widodo (kanan)-Dokumentasi: Kemenpora-Dokumentasi: Kemenpora

JAKARTA, DISWAY.ID - Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau biasa akrab dipanggil Dito Ariotedjo tengah terseret kasus dugaan pengadaan menara BTS BAKTI Kominfo.

Dito Ariotedjo kini menjabat sebagai Menteri Olahraga RI yang ditunjuk langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo pada Senin 3 April 2023.

Posisi Dito Ariotedjo menggantikan Zainudin Amali yang mundur dari kursi Menpora karena menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). 

Lantas, siapa sebenarnya sosok Dito Ariotedjo?

BACA JUGA:Terseret Kasus Korupsi BTS, Dito Ariotedjo Diperiksa Kejagung Hari Ini, Diduga Terima Uang Rp27 Miliar!

Dikutip dari kabargolkar.com, Dito Ariotedjo lahir di Jakarta pada 25 September 1990 lalu.

Secara latar belakang pendidikan, Dito merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Semasa kuliah, Dito Ariotedjo aktif dalam berbagai organisasi seperti menjabat sebagai Bendaraha Umum BEM Fakultas Hukum UI dan HMI Komisariat Hukum UI.

Selain aktif berorganisasi di lingkungan UI, ia juga berkecimpung di organisasi di luar kampus seperti sempat menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gerakan Pelajar Mahasiswa Pembaharuan (GPMP).

BACA JUGA:Dito Ariotedjo Dipanggil Kejagung Atas Korupsi BTS 4G Kominfo: Diduga Turut Menerima Uang Rp 27 Miliar

Setelah menyelesaikan pendidikannya di UI, Dito Ariotedjo juga pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jaya pada tahun 2016 setelah aktif sejak 2010.

Selain itu, Dito Ariotedjo juga sempat menjadi Ketua Umum Pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Provinsi DKI Jakarta.

Bahkan dirinya juga sempat ditunjuk sebagai Ketua Kontingen Youth Olympic Games kelompok umur 14-18 tahun oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada 2018 lalu.

Selain aktif dalam berorganisasi, Dito juga memiliki beberapa jenis usaha seperti di bidang energi, pertahanan, coworking space dan startup yang tergabung dalam induk perusahaan bernama Grupara Ventures.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: