Gadis 10 Tahun Ini Didiagnosis CRPS, Tak Bisa Berjalan Akibat Kaki Melepuh dan Infeksi, Apa Gejalanya?

Gadis 10 Tahun Ini Didiagnosis CRPS, Tak Bisa Berjalan Akibat Kaki Melepuh dan Infeksi, Apa Gejalanya?

Bella Macey (10) kini hanya bisa menghabiskan sebagian besar waktunya duduk di atas kursi roda dan tempat tidur akibat menderita CRPS-Foto/GoFundMe-

FIJI, DISWAY.ID -- Bella Macey (10) sedang berlibur bersama keluarganya di FIJI ketika tiba-tiba kakinya melepuh dan terinfeksi.

Itu adalah awal kondisi kronis yang akan membuat tubuhnya terasa terbakar.

"Sakitnya terasa tajam, terbakar, menggelitik, ”kata Bella kepada Nine's A Current Affair. "Ini rasa sakit yang belum pernah aku rasakan."

BACA JUGA:Aryanto Misel Buka-bukaan Rahasia Teknologi Ciptaannya, Mulai Obat Kutu Rambut Hingga Nikuba, 'Harus Hafal 3 Unsur Kimia!'

Gadis itu didiagnosis dengan sindrom nyeri regional kompleks (complex regional pain syndrome atau CRPS).

Kondisi yang dialami Bella sama dengan yang dialami oleh Maya Kowalski, yang kisahnya menjadi subjek dokumenter Netflix yang berjudul Take Care of Maya. 

Pasien CRPS akan merasakan rasa sakit yang terus-menerus dan merasa lemah.

Bahkan hanya menyentuh air pun terasa sangat menyakitkan.

BACA JUGA:Pengamat Sepak Bola Sebut Persikabo Tetap Pakai Sponsor Judi 'SBOTOP' Meski Telah Dilaporkan ke Bareskrim

Rasa sakit yang Bella rasakan membuat dirinya kehilangan mobilitas di kaki kanan, sampai ke pangkal paha. Dia sekarang hanya bisa terbaring di tempat tidur atau di kursi roda.

National Organization for Rare Disorders mengatakan sensasi itu 'jauh lebih menyakitkan daripada yang seharusnya', dan dapat muncul secara spontan atau dari 'stimulus sensorik'.

"Biasanya, pasien dengan CRPS akan mengalami keterbatasan penggunaan anggota tubuh yang terkena,” jelas National Organization for Rare Disorders di situs webnya.

“Selain peningkatan persepsi rasa sakit, tanda dan gejala lain yang terlihat pada tahap awal adalah ekstremitas yang hangat, merah, dan bengkak di sisi yang terkena.”

BACA JUGA:Jangan Sampai Rugi Sebelum Beli Mobil Bekas, Cek Dulu Status Tilang Elektroniknya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: