Lukas Enembe Dilarikan ke RSPAD karena Tak Mau Makan dan Minum Obat

Lukas Enembe Dilarikan ke RSPAD karena Tak Mau Makan dan Minum Obat

Mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe meninggal dunia siang ini di RSPAD, Gatot Subroto.-Dok/Intan Afrida Rafni/disway.id-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Gubernur Papua nonaktif, Lukas Enembe dikabarkan kesehatannya menurun lantaran menolak makan dan meminum obat. Hal tersebut membuat Lukas kembali dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. 

"Informasi yang kami terima, kondisi kesehatannya menurun karena yang bersangkutan tidak mau makan dan minum obat dari dokter," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, Senin.

Ali mengatakan tim dokter KPK sebenarnya telah merekomendasikan agar Lukas Enembe untuk berobat ke RSPAD sejak Sabtu, 15 Juli 2023.

BACA JUGA: Desas-desus Dugaan Pungli Seleksi Wasit Liga 1 Berujung Pemanggilan Erick Thohir, Polri: Yang Ditunjuk Saudara A

Namun, Lukas menolak untuk dirujuk. Meski demikian Lukas akhirnya bersedia untuk dirujuk ke RSPAD untuk berobat pada Minggu, 16 Juli 2023.

"Dokter KPK sejak Sabtu sudah merekomendasikan agar dirujuk ke RSPAD namun yang bersangkutan menolak, sehingga tim jaksa kemudian menghubungi pihak penasihat hukum dan keluarganya agar dapat membujuk supaya mau dibawa ke RSPAD," ujarnya.

Ali berharap kedepannya Lukas dapat lebih kooperatif terkait kondisi kesehatannya.

"Untuk itu ke depan kami berharap yang bersangkutan dapat kooperatif dan disiplin mengonsumsi obat dan mengikuti saran dokter demi kesehatan dan kelancaran proses persidangannya," kata Ali.

BACA JUGA:GM Apartemen Ungkap Identitas Pria yang Bunuh Diri dari Lantai 29 di Jatinegara

Sebelumnya, kuasa hukum Lukas, Petrus Bala Pattyona menyebut kondisi kesehatan kliennya memburuk pada Sabtu pekan lalu.

Ia baru dibawa ke RSPAD Gatot Soebroto pada Minggu malam.

"Jadi benar benar sudah drop kondisi Pak Lukas. Kesehatannya sudah menurun. Sedangkan Senin sudah mulai sidang lagi," kata Petrus dalam keterangannya, Senin, 17 Juli 2023.

Ia mengatakan, karena penolakan Lukas tersebut, Jaksa akhirnya meminta tolong kepada dirinya untuk membujuk kliennya agar mau dibawa ke rumah sakit. Lukas harus segera dibawa ke RSPAD, karena mual, pusing, dan sudah dua hari tidak makan.

BACA JUGA:Penemu Nikuba Tak Mau Ambil Pusing, Aryanto Misel: Ini Karya Teknologi yang Tak Ada Duanya di Dunia!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: