Pecinta Kucing harus Waspada, Puluhan Kucing Positif Terjangkit Virus Flu Burung

Pecinta Kucing harus Waspada, Puluhan Kucing Positif Terjangkit Virus Flu Burung

Puluhan kucing positif terjangkit virus flu burung-Ilustrasi/freepik-

POLANDIA, DISWAY.ID-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan pada Senin 17 Juli 2023, 29 kucing di Polandia dinyatakan positif terjangkit virus H5N1 alias Flu Burung.

"Ini adalah laporan pertama dari tingginya jumlah kucing yang terinfeksi flu burung A (H5N1) yang tersebar di wilayah geografis yang luas di negara mana pun," kata WHO dikutip dari Telegraph.

Penyebaran virus flu burung H5N1 kepada kucing telah dipantau dalam beberapa bulan terakhir di seluruh dunia.

BACA JUGA:Awas! Kenali Penyakit Flu Burung Klad Baru 2.3.4.4B, Jangan Sampai Menulari Anda

BACA JUGA:Flu Burung Hantui Amerika Serikat, Harga Telur Melambung Hingga 200 Persen, Perang Ukraina Memperparah Keadaan

Secara total, kematian sekitar 70 kucing domestik sejak 23 Juni sedang diselidiki.

Tindakan itu mengikuti laporan 5 anjing dan 1 kucing yang dinyatakan positif H5N1 di sebuah peternakan unggas di Brescia, Italia, pada 7 Juli. Peternakan tersebut mengalami wabah flu burung. 

Cile juga pekan lalu melaporkan kematian 13.000 singa laut akibat flu burung, naik dari perkiraan sebelumnya 9.000 ekor.

BACA JUGA:Puluhan Ekor Kucing Mati Misterius di Sunter, KPKP DKI Jakarta Langsung Lakukan Penyelidikan

Ada kekhawatiran bahwa peningkatan penyebaran dengan lebih banyak peluang bagi virus untuk menular ke manusia, terutama karena semakin banyak mamalia yang terinfeksi.

Tercatat ada kasus flu burung pada manusia, termasuk tiga di Inggris. Namun, belum ada kasus penularan dari manusia ke manusia atau mamalia ke mamalia di dunia.

WHO mengatakan, penyebaran kasus secara geografis yang luas menunjukkan dalam kasus ini bukanlah penularan dari kucing ke kucing.

Laporan media dari Polandia mengutip direktur National Veterinary Institute di Puławy yang menyatakan, telah mendeteksi dua mutasi yang menunjukkan bahwa H5N1 berkembang biak dengan lebih mudah pada mamalia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: