Bandara Soetta Dinobatkan Sebagai yang Tersibuk se-Asia Tenggara Sepanjang 2022, Angkasa Pura Beberkan Kunci Suksesnya

Bandara Soetta Dinobatkan Sebagai yang Tersibuk se-Asia Tenggara Sepanjang 2022, Angkasa Pura Beberkan Kunci Suksesnya

Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta -yopi-

JAKARTA, DISWAY.ID - Bandara Soekarno-Hatta sudah dinobatkan tembus ke posisi puncak se-ASEAN dan peringkat ke-3 di kawasan Asia Pasifik sebagai bandara tersibuk di sepanjang tahun 2022.

Bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) itu dinobatkan sebagai bandara tersibuk oleh Airport Council International (ACI) pada 19 Juli 2023.

Dalam daftar bandara tersibuk di dunia, ada sebanyak 2.600 bandara yang namanya masuk ke dalam daftar tersebut.

BACA JUGA:Bandara Soekarno-Hatta Tersibuk Nomor 1 di ASEAN dan Ketiga se-Asia Pasifik Versi ACI

ACI mencatatkan ada 39,60 juta pergerakan penumpang yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta sepanjang tahun 2022 (Januari-Desember).

Keseluruhannya, ACI menyebut ada 6,6 miliar pergerakan penumpang sepanjang tahun lalu di semua bandara dunia.

Menurut President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, dengan dinobatkannya Soetta sebagai bandara tersibuk maka dipastikan itu menjadi hasil dari kesuksesan kerja keras semua pihak stakeholder.

Terlebih Indonesia dan beberapa  negara lainnya di dunia sempat menghadapi badai pandemi yang sangat berdampak pada sektor transportasi  dunia.

BACA JUGA:Baso A Fung Hancurkan Semua Alat Makan Setelah Jovi Adhiguna Makan Bakso Pakai Kerupuk Babi di Bandara Ngurah Rai Bali

Kini Bandara Soetta juga sudah memasuki periode pemulihan.

"Pada periode tersebut, AP II dan seluruh stakeholder terus memperkuat konektivitas penerbangan domestik dan internasional untuk berkontribusi signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan penanganan pandemi," kata Awaluddin, dikutip dari siaran persnya.

"Seluruh stakeholder berkolaborasi erat dengan didukung penuh Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan, sehingga berhasil memperkuat konektivitas penerbangan melalui reaktivitasi rute-rute yang sempat ditutup selama pandemi, lalu menambah frekwensi penerbangan di rute eksisting, serta pembukaan rute baru.

"Upaya bersama ini membawa Bandara Soekarno-Hatta menjadi nomor satu tersibuk di ASEAN dan nomor tiga di Asia Pasifik," tambahnya.

Angkasa Pura II mengucapkan terima kasih atas segala dukungan yang diberikan dari seluruh pihak dalam proses pemulihan lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: