Rekan dan Politikus NasDem dalam Pusaran Hukum KPK dan Kejagung, Terkini Ada Nama Muhaimin Iskandar!

Rekan dan Politikus NasDem dalam Pusaran Hukum KPK dan Kejagung, Terkini Ada Nama Muhaimin Iskandar!

Pasangan Amin: Ketua DPP Partai Nasdem Surya Paloh (tengah) merangkul Capres Anies Baswedan dan cawapres Muhaimin Iskandar di Hotel Majapahit, Sabtu 2 September 2023-Boy Slamet/Harian Disway-

Partai NasDem menyatakan tetap konsisten mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024 meski tengah diterpa sejumlah kasus hukum.

Belakangan sejumlah elite NasDem tengah diterpa proses hukum. Eks Sekjen Johnny G Plate ditetapkan jadi tersangka dugaan korupsi proyek BTS 4G Kominfo oleh Kejagung.

Usai Plate ditetapkan menjadi tersangka, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh juga sempat menyinggung intervensi politik dalam kasus itu.

BACA JUGA:KPK Periksa Cak Imin Sebagai Saksi Terkait Kasus Dugaan Korupsi Kemnaker Hari Ini

Paloh menyinggung hukum alam jika benar penetapan tersangka terhadap Plate ini tidak terlepas dari intervensi politik dan kekuasaan.

"Kami tetap menghormati ini. Tetapi sukar untuk mengusik apa yang terjadi di dalam perasaan, emosi diri saya. Semoga saja godaan-godaan yang mengatakan kepada saya, ini tidak terlepas dari pada intervensi politik, tidak benar," kata Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Rabu 17 Mei 2023.

Muhaimin Iskandar Diperiksa KPK

NasDem selaku partai pendukung utama Anies Baswedan sebagai Capres di pemilu 2024 telah resmi menunjuk Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai Cawapres.

Penunjukan itu pun, langsung digelarnya deklarasi bersama anatara Anies Baswedan dengan Muhaimin Iskandar yang di gelar di Hotel Yamato atau Majapahit, Surabaya.

Namun, tak lama deklarasi tersebut, Cak Imin mendapat panggilan resmi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk pemeriksaan terkait kasus dugaan korupsi sistem proteksi tenaga kerja Indonesia (TKI) di Kementerian Ketenagakerjaan pada Selasa, 5 September 2023.

Adapun kapasitas Cak Imin tersebut dipanggil KPK baru sebatas saksi saja.

BACA JUGA:KPK Bidik Dua Kasus Korupsi Diduga Melibatkan Muhaimin Iskandar: Posisi Cawapres Terancam!

Dengan demikian, kasus hukum yang saat ini menyeret namam Muhaimin Iskandar menambah daftar nama-nama yang notabennya telah dekat dengan NasDem dan Anies Baswedan. 

Berikut Daftar Nama Kader dan Orang Terdekat NasDem yang Terserat Kasus Hukum di KPK dan Kejagung: 

- Johnny G Plate

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: