Jurus Teladan

Jurus Teladan

US Dollar vs Renminbi Yuan-STR-AFP-

SUDAH lama saya menanti: teladan apa yang akan diberikan oleh Tiongkok untuk mengatasi kelesuan ekonomi mereka. Kian banyak saja yang khawatir akan ekonomi Tiongkok. 

Pertumbuhan ekonominya tidak kunjung tinggi. Kredit macet di real estate-nya gila-gilaan. Ekonomi mulai lesu. Ibaratnya Tiongkok mulai meriang. Salah-salah bisa batuk-batuk: kita pun akan ikut kena flu.

Saya begitu penasaran menanti jurus baru yang ditemukan Tiongkok. Tidak kunjung muncul. Saya mulai khawatir: akankah Tiongkok menemukan jalan keluar? Kalau tidak, betapa bahaya negeri itu?

Akhirnya, pekan lalu, saya melihat langkah baru di sana. Saya memang belum yakin itu sebagai obat mujarab tapi itulah ilmu lama yang sudah terbukti ampuh di masa nan lalu: Tiongkok membiarkan nilai mata uangnya, yuan, melemah.

Sepanjang 10 hari terakhir kurs yuan terhadap dolar merosot pelan-pelan. Terus-menerus. Terakhir kurs yuan sudah turun 5,7 persen. Ini kurs paling lemah selama 16 tahun terakhir.

Sehari sebelum saya ke Kamar 48 lalu, satu dolar Amerika sudah setara dengan 7 yuan 36 sen. Bulan Mei 2016, satu dolar masih 6 yuan 16 cen.

Kalau dalam beberapa waktu ke depan Tiongkok masih melemahkan kurs yuan-nya berarti benar: inilah jurus yang dipakai Tiongkok untuk keluar dari kesulitan ekonomi.

Melemahkan yuan dipercaya bisa meningkatkan kembali ekspor Tiongkok. Selama ini negeri itu bisa maju karena ekspornya luar biasa. Ke seluruh dunia.

Empat bulan terakhir ekspor Tiongkok terus merosot. Penurunan ekspor itu sudah terlihat sejak 13 bulan lalu. Padahal kekuatan ekspor Tiongkok adalah segala-galanya. Agustus lalu ekspornya ''tinggal'' USD 284 miliar. Dibanding bulan yang sama setahun sebelumnya. Turun hampir 9 persen.

Dengan melemahkan mata uang yuan, ekspor Tiongkok akan bisa naik lagi. Tanpa ekspor yang tinggi Tiongkok akan mengalami overcapacity di industrinya.

Para pemuja Tiongkok, seperti saya, juga ikut deg-degan: bisakah negeri itu rebound. Atau akan terhambat di level ini. "Tanpa pertumbuhan, Tiongkok bahaya," ujar Dr Michael J. Hicks. Ia ahli ekonomi papan atas di Amerika Serikat. Keahliannya di bidang ekonomi regional dan industri. Alirannya Keynesian. Lulusan University of Tennessee di kota Knoxville. Ia pernah aktif di militer dengan pangkat terakhir letnan kolonel. Jangan jumbuh-kan dengan Mayjen Mark J. Hicks. Ia adalah adiknya.

Michael Hicks tahu: 40 tahun terakhir Tiongkok tumbuh pesat. Itu mengingatkannya pada tingkat pertumbuhan di Amerika setelah tahun 1930-an. Itu yang membuat Amerika digdaya sampai sekarang.

Bedanya, kata Hicks, pertumbuhan tinggi di Tiongkok kurang sehat. Pertumbuhan itu bersumber dari urbanisasi penduduk desa ke kota yang luar biasa. Melebihi yang terjadi di Amerika kala itu.

"Industri di Tiongkok pun kurang efisien. Produktivitas 7,5 tenaga kerja di Tiongkok sama dengan 1 orang di Amerika kala itu," ujarnya. 

Itu karena industri dijalankan dengan tenaga yang berlatar belakang petani lama.

Hicks mengatakan, para petinggi Tiongkok juga tahu kelemahan itu. Maka Tiongkok mengubah orientasi pendidikannya: menjadi lebih mengutamakan sains, teknologi, matematika, fisika, kimia, elektro dan seterusnya.

Menurut Hicks urbanisasi besar-besaran di Tiongkok itu menyebabkan sektor pertanian tetap tertinggal jauh. Tidak terjadi  modernisasi pertanian seperti yang terjadi di Amerika. "Pertanian di Tiongkok masih di era pra-industrialisasi," katanya.

Sebagai militer ia pun mengingatkan: angkatan udara Tiongkok masih ketinggalan puluhan tahun dari AU Amerika.

Tiongkok sudah begitu maju, tapi masih begitu banyak yang harus dilakukan. Semuanya sulit. Perlu kerja lebih keras lagi.

Apalagi kita. Itulah teladan yang kita tunggu, ternyata. (DAHLAN ISKAN)

 

Komentar Pilihan Dahlan Iskan pada Tulisan Berjudul: Tercepat Unggul

AnalisAsalAsalan

Anak elang yang besar dan tumbuh di lingkungan ayam tak 'kan bisa terbang tinggi. Jika berada di lingkungan yang mendukung maka potensi akan tergali lebih dalam. Tentu semua tergantung kepada diri pribadi masing-masing, tetapi lingkungan ikut membentuk. Kalau sampean ingin menjadi mahasiswa yang tangguh, sering-seringlah komentar di CHD. Saat komentar sampean dihajar bertubi-tubi tetapi sampean bisa menangkis dengan baik, di situlah ketangguhan sampean mulai dibentuk. Salam Satu Disway! Salam UINSA Jaya!

Agus Suryono

"SAYA pernah bertanya mengapa dipindah ke jalur pendidikan. Padahal prestasi saya di real estate sangat baik", begitu Abah DI menuliskan cerita tentang DR. Benny Bernardus, MM., Presiden Universitas Ciputra. ++ Kalau saya, oleh perusahaan saya tidak dan bukan dipindah ke jalur pendidikan. Tetapi "banyak sekali" mendapatkan penugasan untuk "sekolah" atau "mengikuti pendidikan". Tugasnya hanya sekolah, tidak "ngantor". Yang waktunya panjang, lebih dari satu tahun aja dua kali, yaitu ikut S1 di Yogyakarta, dan S2 di Bandung. Yang training dengan waktunya panjang, lebih dari 3 bulan, juga berkali-kali, baik di dalam maupun luar negeri. Yang di dalam negeri tentu yang paling sering ya pasti di Bandung. Karena kantor pusat perusahaan saya di Bandung. Kalau yang ke luar, menyebar. Mulai di Kanada (1989), Jerman (1995) sampai Australia. Yang di Australia bahkan sampai 2 kali, 1996 dan 2010. ### Ya iyalah. Sering disuruh sekolah. Karena tahun 1975, saya masuk perusahaan itu dengan hanya ijasah SMP. Dan masih bertahan di group Perusahaan, sampai hari ini. Meski resminya sudah pensiun.. Jadi "prestasi saya" yang tertingginya ya di urusan sekolah. Saat menjalani "pendidikan".

bitrik sulaiman

Jebolnya bendungan apakah selalu mendadak tanpa indikasi awal? Sy ingat jembatan Ampera dulu dilakukan pemeriksaan tiang dgn penyelaman. Diteruskan dgn pengosongan bandul pemberat. jembatan tak bisa turun naik lagi. 

Fiona Handoko

selamat pagi bp jz, kak wilwa. demikianlah gaya politikus. waktu bertemu masyarakat yg mengeluh tarif listrik mahal. sang politikus berjanji (jika terpilih) tarifnya akan diturunkan. ketika tahu pln merugi, sang politikus menjanjikan pln akan dibuat untung. waktu bertemu peternak ayam yg mengeluh turunnya harga daging ayam. politikus berjanji akan menaikkan harga daging ayam. di lain kesempatan, waktu bertemu masyarakat di pasar pasar, yang mengeluhkan harga daging ayam mahal. sang politikus berjanji (jika terpilih) daging ayam akan diturunkan harganya.

Juve Zhang

Peswat terbang yg batas usia pake 30 tahun masih dibeli juga walau usia peswat itu sudah 26 tahun artinya masa tugas sisa 4 tahun lagi .bahaya !!!! Pilot akan was was .anda ingat kan kapal selam di utara Bali .masa pake 30 tahun .diperpanjang usia pake hingga 34 tahun akibatnya Fatal. Kapal gak bisa naik ke atas lagi. Benar benar memyelam ke dasar laut. Mengapa memaksakan ketentuan pabriknya???? Untuk peswat anda sudah tahu siapa yg beli .kan .hati hati anda salah pilih 2024 maka mungkin napak tilas Venezuela .wkwwkwkkw

Mirza Mirwan

"Dr. Denny adalah presiden uC. Jabatan presiden itu juga unik. Tidak ada di universitas lain," tulis Pak DI. Kalau di Indonesia barangkali benar tidak ada universitas yang pemimpin puncaknya disebut presiden. Tetapi tidak di Singapura, Thailand, dan AS untuk menyebut beberapa negara -- yang dekat dan yang jauh dari Indonesia. NUS dan NTU Singapura itu pemimpin puncaknya bukan rektor, tetapi presiden. Begitupun Chulalongkorn, Mahidol, Phitsanulok, Chiang Mai, dan universitas lain di Thailand juga dipimpin presiden. Pun seperti Harvard, Columbia, Cornell, dan universitas di AS. Tetapi memang ada universitas di AS yang pemimpin tertingginya bukan presiden, melainkan "chansellor". Dan inilah yang, entah sengaja atau tidak, ditiru Universitas Ciputra. Universitas yang saya maksud adalah Colorado University yang punya 4 kampus: Denver, Boulder, Colorado Springs, dan Anschutz. Pemimpin tertinggi di masing-masing kampus itu disebut Chansellor. Dan ke-4 Chansellor itu kedudukannya berada di bawah Presiden Colorado University. Begitulah kiranya kedudukan rektor UC Makasar, Jakarta, dan Medan nantinya. Tabik.

Jimmy Marta

Mahasiswa dididik untuk jd wiraswasta. Untuk itu para dosen harus bisa merangkap jd mentor atau malah bak motivator. Ini terobosan unik sebuah perguruan tinggi. Menjadi PT unggul, untuk mencetak calon pengusaha unggul. PT mandiri untuk memproduksi manusia mandiri. Universtas Ciputra telah membuat jalurnya sendiri. Selama ini, sering dalam orasi para petinggi PT, membanggakan alumni nya yg jd pejabat, executif dan ceo perusahaan besar. UC malah ingin mencetak calon pengusaha besar. 

MULIYANTO KRISTA

Pepatah Jawa: "rego nggowo rupo". Apa yang kita dapatkan sesuai dengan yang kita bayarkan. Siapkan kantong anda kalau ingin kuliah di sana. Dua teman dekat anak saya kuliah di sana. Satu di FK satunya di desain interior. Yang di FK SPP di kisaran 30 jutaan per semester. Yang di desain interior SPP di kisaran 25 jutaan per semester. Itu belum besaran uang pangkalnya. Semua sudah punya segmen sendiri-sendiri. Terserah kita mau memilih yang mana. Yang penting hormatilah pilihan masing-masing orang.

Udin Salemo

Tidak semua orang sukses di satu tempat lalu akan sukses juga di tempat lain. Uda anu (namanya tak mau saya sebutkan), temannya kawan saya, sukses usaha rumah makan di Sambas. Begitu dia buka usaha rumah makan di Aruk, perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, hanya bertahan beberapa bulan. Kemudian gulung tikar. Karena jangankan untung, untuk biaya operasional saja harus nombok. Saya tak sukses di kerjaan ngaduk semen. Mana tahu berjaya di usaha rumah makan. Sopo nyono. Wolo-wolo kuwato.

Fiona Handoko

cobalah dan telpon saya seminggu lagi agar saya tahu perkembangannya." belum sampai seminggu. sang wanita sudah telpon dokternya. " oh tuhanku. mengerikan sekali pak dokter. " " benarkah? apa yg terjadi? " tanya dokter. penasaran. " saya melakukan saran pak dokter. kumasukkan viagra ke cangkir kopinya. efeknya hampir seketika. dia melompat tegak, dengan mata berbinar menatapku. dan celananya menggelembung buesarr. dengan satu gerakan tangannya dia membuat cangkir dan taplak meja beterbangan . dia robek pakaianku hingga compang camping dan saat itu juga membopongku ke atas meja. sungguh suatu mimpi buruk. betul2 mimpi buruk. " " mengapa mimpi buruk? maksudmu saat bercinta dengan suamimu kurang memuaskan? " tanya dokter. "hmmmm. itu adalah yang terbaik yg pernah kurasakan selama 25 tahun ini" sahut wanita sambil tersipu sipu . "namun sejak saat itu. saya tidak akan pernah berani menunjukkan wajah saya di starbucks" 

Fiona Handoko

selamat pagi bp thamrin, bung mirza, bp prof pry, bp ks, bp liam dan teman2 rusuhwan. seorang wanita lansia minta bantuan dokter untuk memulihkan libido suaminya. "bagaimana kalau coba viagra?" tanya dokter. "tidak mungkin. dia bahkan tidak mau minum aspirin." sahut wanita. "anda bisa masukkan tablet viagra ke dalam kopinya. rasanya akan sama. 

Udin Salemo

Salut untuk UC yang menanamkan jiwa wirausaha sejak masuk bangku kuliah. Selama ini kalau wong ndeso macam saya kuliah itu tujuannya biar jadi asn. ASN (zaman now) = PNS (jaman jebot). ASN itu hidupnya pasti sejahtera. Dan santai. Apa-apa dibiayai negara. Saat kecil dulu liat tetangga yang bawa mobil dinas, pakai plat merah, ke rumah betapa kagumnya saya. Statusnya di tengah masyarakat meroket sekian puluh derajat. Orangnya dihormati. Keluarganya disegani. Itu sebelum ada "ngebor" ember emberan dan ton tontonan. Kalau sekarang ASN bagaimana? Makin sejahtera. Mungkin. Mari kita tanyakan ke orang yang berkompeten. Bli LP, -Pak Kabid- dipersilahkan. 

Saifudin Rohmaqèŕqqqààt

Dari dulu bapak saya selalu mengajari saya. Apa ajarannya? Yaitu sekolah itu tidak penting. Ketika saya tanya mengapa? Jawabnya sama seperti orang jaman dahulu. Yaitu tidak punya biaya. Terus bapak saya mengajari saya, yg tidak boleh dilupakan. Apa itu? Yaitu mencari ilmu. Itu lebih penting dari sekolah. Itu pesan almarhum bapak saya. Karena kalau sekolah belum tentu dapat ilmu tapi kalau cari ilmu pasti dapat ilmu. Cari ilmu bisa dimana saja dan kapan saja. Lebih mudah dan enak. Masalahnya mau apa tidak untuk cari ilmu. Itulah nasehat bapak, yg saya masih ingat sampai hari ini. Nasehat sederhana tapi padat.

mzarifin umarzain

WIRA USAHA= WIRASWASTA? Wiraswasta=bisnis=usaha=dagang=jual beli= beli jual= niaga. Jual= beli + laba/rugi. Semua kita adalah PEDAGANG. Wartawan= jual berita. Tentara/polisi/satpam= jual jasa pengamanan. Pegawai negeri= jual jasa pemerintahan. Parpol= jual janji2. Dosen, guru= jual ilmu. Presiden, menteri, gubernur, bupati, walikota, camat, kades, ka lurah, ka rw, ka rt= jual kepemimpinan. Pilot, sopir, tk becak= jual jasa transportasi. Hotel= jual kamar. Restoran= jual makanan. Dokter= jual jasa kesehatan. Yg risiko besar= untung besar. Ada yg laba nya tetap. Ada yg laba nya besar, bergantung omset nya. Sesama pedagang harus jujur, taat aturan, terbuka, win2 solution, damai.

Johannes Kitono

Selamat untuk pimpinan dan manajemen Universitas Ciputra yang merayakan HBD ke 17. UC adalah bentuk nyata CSR grup Ciputra bagi rakyat Indonesia. Tidak hanya orientasi profit saja. Dulu bersama hopeng Wibisono ( alm ) dan Llily, isterinya hadir di kolese Kanisius,Jakarta.Mendengar ceramah tentang WIRASWASTA dengan pembicaranya Ir.Ciputra yang akrab dipanggil Pak Ci. Dengan santai beliau yang alumni SMA Don Bosco, Manado menjelaskan definisi Wiraswasta atau Enterprenur. Contohnya ; orang yang mengumpulkan sampah kayu, memilah-milah,mengukir menjadi patung dan berhasil menjualnya. Itu pasti mempunyai jiwa wiraswasta. Dan itu telah dibuktikan oleh grup Ciputra. Saat krisis ekonomi 1998 didepan Abun Sanda ( alm ) wartawan Kompas beliau pernah berkata." Abun, sekarang saya sudah bangkrut, jual celana juga tidak bisa bayar hutang ", Kata Ciputra dirumah Abun Sanda di Srengseng.Saat itu Yasser, anak Abun di baptis oleh Romo Sindhunata. Yang hadir waktu itu , selain Ciputra, Tong Dju dan Sofyan Wanandi dan jeka. Pasca krisis 1998 Grup Ciputra tidak bangkrut justru semakin berkembang sampai ekspansi ke Vietnam.Ada pengusaha Komputer Glodok yang dibakar kasus Mei 98 ternyata semakin besar outletnya di Plaza Gajahmada. Ternyata jiwa wiraswasta selalu ada solusinya.Now, % wiraswasta Indonesia 1%, Malaysia 3 %, Singapore 7 %, Jepang dan China @ 10 %. Kalau Indonesia mau tambah maju harus meningkatkan % Wiraswasta. Dan UC legacy Pak Ci harus dikembangkan di seluruh pelosok Indonesia.

Liam Then

Gacor : istilah yang kerap digunakan oleh hobiis burung kicau kepada peliharaannya. Kalau burung itu pandai berkicau, panjang tak putus -putus , dipanggil gacor. Burung itu kalo lagi senang, sehat, fit , pasti gacor. Nyanyiannya panjang, juga nyaring. Komentator kalo hati senang, mood ada, pasti gacoran berjilid-jilid. Begitulah kira-kira Pak Bintrik.

Fiona Handoko

selamat sore bpk je ka. pt pembangunan jaya / bp ciputra adalah salah satu pemegang saham majalah tempo. yg menugaskan kepala biro tempo surabaya (masa itu) bpk dahlan iskan. untuk mengelola koran jawapos. dimana akhirnya jumlah anak perusahaan, jumlah omset, tiras, dan nama jawapos bisa jauh melampaui induknya, majalah tempo. inilah contoh sukses murid bpk ciputra dalam hal ilmu wiraswasta

Komentator Spesialis

PT. Astra HONDA Motor benar benar bisa dikata menjadi perusahaan yang tak bertanggung jawab mengeluarkab produk gagal sepeda motor dengan rangka eSAF yang mudah patah dan membahayakan pengemudi. Sudah banyak kejadian. Terakhir, teman saya hari ini mengalaminya. Beruntung merasa ada kelainan di stang, jalan pelah pelan dan benar rangka motornya terbelah jadi 2. Motor terlipat. Ternyata bukan hanya inovasi HP lipat Samsung saja. Honda juga mengeluarkan inovasi baru motor lipat. Tapi, ini sangat membahayakan nyawa !! Patut disayangkan regulator yang dalam hal ini pemerintah tidak segera mengeluarkan larangan jual dan perintah penarikan produk cacat dari HONDA ini. Bukannya melindungi kepentingan rakyat, tetapi sekali kepentingan pengusaha. Jadi sebaiknya kita jangan beli motor merek HONDA !

Komentator Spesialis

Seorang teman saya lulusan ITB, dia cerita saat wawancara kerja di Singapura ditanya sama pewawancara lulusan universitas apa. Dijawab ITB. What university is that ? Ternyata usut punya usut, untuk bidang IT yang paling dikenal adalah lulusan BINUS.

Mukidi Teguh

Saya seperti menemukan berlian di artikel Abah kali ini. Sudah lama saya mencari formulasi yang pas untuk kepengurusan lembaga pendidikan, tapi tak kunjung ketemu. Model 3 sisi: CEO, Ketua Yayasan, dan Rektor sungguh memukau saya. Walaupun masih sebatas cita-cita, ada niatan kelak akan mendirikan satu universitas di kampung halaman nun jauh di sudut tenggara pulau borneo.

Jimmy Marta

Malu jga sebenarnya jk baru tahu ada akredtasi unggul untuk PT. Sebab sebelumnya unggul ini dipakai untuk tingkat sekolah menengah. SMP dan SMA. Pemeringkatan akreditasi oleh pemerintah melalui BAN PT, menjadikan PT dibedakan dg tujuh status. Akreditasi A, B, C, Unggul, Baik Sekali, Baik dan Tidak Terakreditasi. Dan ternyata prediket Unggul adalah akreditasi tertinggi. PT dg Akreditasi A belum tentu PT unggul. Namun jk sudah masuk prediket unggul, sudah pasti nilai akreditasinya A. Kalau demikian, urutan akreditasi harusnya ditulis, Unggul, Baik Sekali, Baik, A, B, C...!. Sy kurang paham sampai disini..

Johannes Kitono

Starting Point pembangunan Ibukota Jakarta mulai di zaman Gubernur Ali Sadikin. Developer utamanya adalah PT Pembangunan Jaya dengan nahkodanya Ir.Ciputra.Kemitraan Pemda swasta ini melahirkan proyek-proyek besar seperti : Proyek Senin, "Disneyland Binaria" Ancol, Pluit, Kawasan Pondok Indah dan masih banyak lagi. Tentu ini berkat jiwa wiraswasta Ir.Ciputra dengan power Gubernur Jendral Ali Sadikin yang akrab dipanggil Bang Ali. Kalau Deng Siaw Ping dari China terkenal dengan pomeo : Biar kucing hitam atau putih asal bisa tangkap tikus sudah ok. Nah Bang Ali lebih praktis dan mungkin ditiru oleh Deng dari China. Saat dilantik Presiden Soekarno, kas Pemda Jakarta kosong. Bang Ali mengundang para Bandar membuka Kasino di Petak Sembilan, Senin dan Copacabana,Ancol .Judi yang haram menurut agama, dihalalkan dan resmi oleh Pemda DKI. Pajak Judi digunakan bangun Sekolah, Rumah Ibadah dan infrastruktur ekonomi. Kepada yang protes dengan kalem Bang Ali berkata : " Kalau masih anggap pajak Judi haram, ke Jakarta harus naik helikopter karena jalanan dan fasilitas umumnya dibangun dari tax Judi ". Tentu banyak yang tersipu dan diam mendengar ocehan Bang Ali. Gubernur yang Letjen Marinir ini jelas berjiwa wiraswasta. Konon nama Ciputra diberikan oleh Presiden Soekarno dengan akronim China Putera Sulawesi Utara. Memang Gorontalo adalah tempat kelahiran beliau. Mungkin Harun Hayadi, mantu Pak Ci yang doyan makan bakmi. Bisa menjawab konon ini. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Komentar: 170

  • ghazian faris
    ghazian faris
  • Saifudin Rohmaqèŕqqqààt
    Saifudin Rohmaqèŕqqqààt
  • Fa Za
    Fa Za
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • didik sudjarwo
    didik sudjarwo
  • fari nisa
    fari nisa
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Fa Za
      Fa Za
  • Fahimsa Haykal
    Fahimsa Haykal
  • yea aina
    yea aina
    • Liam Then
      Liam Then
  • Mas Basraya
    Mas Basraya
  • Mas Basraya
    Mas Basraya
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Liam Then
      Liam Then
    • Wilwa
      Wilwa
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Wilwa
      Wilwa
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Liam Then
      Liam Then
    • imau compo
      imau compo
    • Liam Then
      Liam Then
  • alasroban
    alasroban
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • imau compo
      imau compo
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Xiaomi A1
      Xiaomi A1
  • Liam Then
    Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Jo Neca
      Jo Neca
    • Xiaomi A1
      Xiaomi A1
    • Xiaomi A1
      Xiaomi A1
    • Liam Then
      Liam Then
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • imau compo
    imau compo
    • imau compo
      imau compo
    • Liam Then
      Liam Then
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • imau compo
      imau compo
  • Liam Then
    Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
    • Liam Then
      Liam Then
  • Xiaomi A1
    Xiaomi A1
  • Liam Then
    Liam Then
  • Liam Then
    Liam Then
  • Liam Then
    Liam Then
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
  • Liam Then
    Liam Then
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Liam Then
      Liam Then
    • imau compo
      imau compo
  • Johannes Kitono
    Johannes Kitono
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • bitrik sulaiman
      bitrik sulaiman
  • Leonardus Nana
    Leonardus Nana
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • imau compo
      imau compo
    • Wilwa
      Wilwa
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Liam Then
      Liam Then
    • Wilwa
      Wilwa
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Johan
    Johan
    • Wilwa
      Wilwa
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Jimmy Marta
    Jimmy Marta
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
  • Fathir Ahsan
    Fathir Ahsan
  • Udin Salemo
    Udin Salemo
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Udin Salemo
      Udin Salemo
  • Sogia Manom
    Sogia Manom
  • Pryadi Satriana
    Pryadi Satriana
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Agus Suryono
    Agus Suryono
  • Mukidi Teguh
    Mukidi Teguh
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • imau compo
      imau compo
  • Leong Putu
    Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Leong Putu
      Leong Putu
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Agus Suryono
      Agus Suryono
  • Echa Yeni
    Echa Yeni
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Wilwa
      Wilwa
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • thamrindahlan
    thamrindahlan
  • Mirza Mirwan
    Mirza Mirwan
    • Wilwa
      Wilwa
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Wilwa
      Wilwa
  • Mukidi Teguh
    Mukidi Teguh
    • Wilwa
      Wilwa
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Juve Zhang
      Juve Zhang
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Wilwa
      Wilwa
  • Komentator Spesialis
    Komentator Spesialis
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • KawaiChoco _003
    KawaiChoco _003
  • Juve Zhang
    Juve Zhang
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Wilwa
      Wilwa
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • Wilwa
    Wilwa
    • Wilwa
      Wilwa
  • nur cahyono
    nur cahyono
  • Jo Neca
    Jo Neca
  • Jo Neca
    Jo Neca
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
  • Guslurah
    Guslurah
    • MULIYANTO KRISTA
      MULIYANTO KRISTA
    • Komentator Spesialis
      Komentator Spesialis
    • Azza Lutfi
      Azza Lutfi
  • mzarifin umarzain
    mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
    • mzarifin umarzain
      mzarifin umarzain
  • MULIYANTO KRISTA
    MULIYANTO KRISTA
  • bitrik sulaiman
    bitrik sulaiman