Polda Jawa Timur Siapkan 5.000 Personel untuk Amankan Laga Persebaya vs Arema FC

Polda Jawa Timur Siapkan 5.000 Personel untuk Amankan Laga Persebaya vs Arema FC

Salman Alfarid berebut bola dengan Andre Cobra pada sesi latihan Persebaya di lapangan THOR, Surabaya.--instagram @officialpersebaya

JAKARTA, DISWAY.ID -- Sebanyak 4.925 personel gabungan TNI-Polri dan Pemkot Surabaya dikerahkan guna melakukan pengamanan laga super big match pekan ke-13 Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya melawan Arema FC di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu 23 September 2023. 

Pengamanan ekstra itu dilakukan mengantisipasi adanya ancaman-ancaman kamtibmas di masyarakat, mengingat gengsi kedua suporter yang besar dan rentan menimbulkan kericuhan. 

"Jadi kami melakukan pengamanan melibatkan personel maksimal laga sebelumnya personel tidak sampai 1.000, kali ini kami maksimalkan hampir 5 ribu," kata Kabidhumas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto, Sabtu.

BACA JUGA:Jelang Persita Vs Arema FC, Pelatih Anyar Divaldo Alves Yakin Pendekar Cisadane Bangkit

Jumlah personel itu secara teknis tak hanya disebar di area stadion saja,tetapi juga di beberapa titik seperti area perbatasan masuk Kota Surabaya.

Di area itu akan dilakukan penyekatan mengantisipasi adanya suporter Arema yang datang ke Surabaya serta akan dilakukan operasi miras agar tidak masuk ke dalam stadion.

Dirmanto mengingatkan kepada suporter Arema FC dimanapun berada agar mentaati perjanjian yang telah dibuat pada tahun 1996, di mana suporter tidak saling kunjung.

Selain itu, Dirmanto juga mengatakan nantinya juga akan ada pengamanan ekstra bagi tim Arema mulai perjalanan dari Malang, di penginapan, dan perjalanan pulang pasca pertandingan.

BACA JUGA:Panpel PSIS Semarang Polisikan Pemalsu ID Card

"Jadi hasil rakor kemarin disemua mekanisme proses laga nanti mulai di tempat tinggal pemain Arema maupun Persebaya kita jaga dan kami kawal pergi pulang," jelasnya. 

Demi keamanan semua, Dirmanto berpesan pula kepada Bonek Mania yang akan hadir dapat menyaksikan pertandingan dengan baik sesuai aturan yang ada.

"Saya imbau agar masyarakat mencintai sepak bola dengan menonton sesuai aturan berlaku, kalau tidak ada tiket ya jangan nonton," pesannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: