Kisah Ida Susanti, Dinikahi Pria 'Ternyata Perempuan' Alami KDRT, Dimadu hingga Hartanya Dirampas

Kisah Ida Susanti, Dinikahi Pria 'Ternyata Perempuan' Alami KDRT, Dimadu hingga Hartanya Dirampas

Ida Susanti viral usai membongkar kasusnya yang tidak kunjung diproses. Ia ditipu suami yang ternyata perempuan, alami kdrt, dimadu hingga hartanya dirampas-Facebook-

Puncaknya tahun 2002, Ida Susanti akhirnya melaporkan kasus ini ke pihak berwajib. Ida Susanti mengaku selalu diteror dan diancam akan dibunuh.

Namun kala itu, Ida justru kalah karena tidak bisa menunjukkan bukti pernikahannya dengan Nardhinata. Saat itu bukti surat nikah dipegang oleh Nardhinata.

Ida juga menemukan dugaan bahwa Nardinata tak hanya menipu dan menikahi dirinya seorang. 

Tapi juga mengawini perempuan lain, dengan berbekal identitas palsunya.

"31 Juli kawin sama aku, 15 Juli loh kawin sama dek Nurul dok di Blitar, dokter mau tahu, tak tunjukin fotonya, pakai blangkon, pakai adat," kata Ida dalam wawancara dengan Dr.Richard Lee. 

Karena bukti-bukti itulah Polda Jatim akhirnya menerbitkan Daftar Pencarian Orang (DPO) atas nama Nardinata pada 19 Juli 2007 dengan Nomor: DPO/65/VII/2007/Dit Reskrim.

"Akhirnya 2007 keluar surat DPO. Suamiku udah tak laporin, aku seneng dia akan ketangkap," tuturnya.

Kini setelah 21 tahun berjuang, kasus Ida Susanti akan disidangkan, Kamis 19 Oktober di PN Surabaya.  

Berdasarkan website resmi pengadilan Negeri Surabaya, http://sipp.pn-surabayakota.go.id, persidangan kasus Ida Susanti akan dipimpin hakim ketua Suswanti dan dua hakim anggota Mangapul serta Mochammad Djoenaldie. 

Dalam kasus ini, ada tiga orang yang menjadi tergugat. Mereka ialah Nardinata selaku suami Ida, Sunny Suhaimi, dan Jeanne Hartati.

Ida diketahui menggungat suaminya yang ternyata perempuan bernama Nardinata Marshioni Suhaimi terkait Perbuatan Melawan Hukum (PMH).

Humas Pengadilan Negeri Surabaya Agung Gede Pranata mengonfirmasi hal tersebut.

“Iya benar. Kasusnya akan disidangkan Kamis (19/10),” kata Agung saat dikonfirmasi, Jumat  6 Oktober 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: