Tahukah Kamu? Merokok Saat Hamil Dapat Sebabkan Kelahiran Prematur Lho, Penelitian Ungkap Faktanya

Tahukah Kamu? Merokok Saat Hamil Dapat Sebabkan Kelahiran Prematur Lho, Penelitian Ungkap Faktanya

Merokok saat hamil dapat menyebabkan kelahiran prematur-Soheyl Dehghani-Unsplash

JAKARTA, DISWAY.ID - Merokok saat hamil bukanlah tindakan yang baik karena ini adalah masa kritis yang memerlukan perawatan dan perhatian ekstensif.

Saran yang sudah ada sejak lama telah memperingatkan ibu hamil tentang berbagai pilihan gaya hidup, terutama konsumsi kafein dan merokok.

Namun penelitian yang muncul dari Universitas Cambridge membuat kita berpikir dua kali tentang beberapa nasihat yang sudah lama ada untuk wanita hamil.

BACA JUGA:Ganja Baik untuk Kesehatan Tubuh Manusia, Yakin? Penelitian Terbaru Ungkap Fakta Sebaliknya..

Tahukah Anda bagaimana Layanan Kesehatan Nasional (NHS) selalu mengatakan bahwa wanita hamil harus menjaga kafeinnya sekitar dua cangkir teh atau kopi instan sehari?

Melansir dari laman Sportskeeda, hal ini disebabkan kekhawatiran akan komplikasi seperti kelahiran dini atau bayi tidak tumbuh sebagaimana mestinya.

Namun, penelitian terbaru di International Journal of Epidemiology menawarkan pandangan yang berbeda, setelah melakukan pemeriksaan ketat terhadap sampel darah lebih dari 900 wanita dari studi Prediksi Hasil Kehamilan antara tahun 2008 dan 2012.

Penelitian ini tidak menemukan bukti konkrit yang menghubungkan asupan kafein di atas rata-rata selama kehamilan dengan kelahiran prematur atau bayi yang lebih kecil.

BACA JUGA:Penelitian Terbaru: Menekan Pikiran Negatif Dapat Mengatasi Masalah Kesehatan Mental

Risiko merokok pada kehamilan yang tidak dapat disangkal

Temuan penelitian mengenai merokok pada kehamilan sangatlah parah.

Data penelitian menunjukkan bahwa perokok hamil menghadapi peningkatan kemungkinan kelahiran prematur hampir tiga kali lipat.

Selain itu, bayi memiliki risiko empat kali lipat menjadi kecil dibandingkan usia kehamilannya, sehingga berpotensi menimbulkan komplikasi seperti masalah pernapasan dan infeksi.

BACA JUGA:Penelitian: Kondisi Kesehatan Ibu Hamil Sangat Dipengaruhi dengan Paparan Panas Ekstrem, Begini Penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: