Pengakuan Ghisca Debora Setelah Jadi Tersangka Penipuan Jual Beli Tiket Konser Coldplay, Sudah Lakukan Refund ke Korban

Pengakuan Ghisca Debora Setelah Jadi Tersangka Penipuan Jual Beli Tiket Konser Coldplay, Sudah Lakukan Refund ke Korban

Kasus dugaan penipuan jual tiket Coldplay oleh Ghisca disebut belum ada kearah restorative justice meski telah mengembalikan uang para korban.-Fandi Permana-

JAKARTA, DISWAY.ID - Tersangka kasus penipuan tiket konser Coldplay Ghisca Debora Aritonang (19) tengah ditahan Polres Metro Jakarta Pusat

Dalam pengembangannya, Gisca mengaku telah melakukan pengembalian dana atau refund kepada para korban yang ditipunya.

BACA JUGA:Jadi Tersangka Penipuan dan Penggelapan Tiket Konser Coldplay, Ghisca Debora Terancam DO dari Trisakti!

BACA JUGA:PPATK Temukan Perputaran Uang Penipuan Tiket Konser Coldplay 'Ghisca Debora' Mencapai 40M, Rekening Langsung Diblokir!

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Chandra Mata Rohansyah mengatakan, refund yang diberikan kepada para korban diluar dari enam korban yang melaporkannya. Keterangan itu didapat penyidik saat mendalami kasus tipu gelap ini.

“Pengakuannya ada yang udah di-refund. Untuk jumlah pastinya belum tau, karena GDA melakukan refund kepada korban yang kebanyakan diluar LP,” kata Chandra saat dikonfirmasi Disway.id, Rabu 22 November 2023. 

Dalam kasus yang menjeratnya, diketahui Ghisca mengumpulkan uang yang membuat korbannya merugi hingga Rp 5,1 miliar. Jumlah tersebut setara dengan 2.268 tiket yang dijanjikan kepada 6 korban yang membuat laporan polisi. 

Chandra mengatakan, bahwa sampai saat ini belum ada opsi penyelesaian kasus secara restorative justice. Hal ini karena dari pihak Ghisca belum bersedia mengganti kerugian para korban secara keseluruhan.

BACA JUGA:Wow! Nilai Kerugian Penipuan Tiket Konser Coldplay 'Ghisca Debora' Setara dengan Puluhan Unit Rumah Subsidi PUPR

BACA JUGA:Ghisca Debora Aritonang Diduga Alirkan Uang Penipuan ke Belanda dan Lolos dari Jeratan Pasal TPPU, Kok Bisa?

“Sampai saat ini belum ada upaya RJ. Karena memang tersangka belum bisa me-refund secara keseluruhan untuk para korbannya. Sehingga penegakan hukum atas kasus ini masih dilakukan," pungkasnya. 

Sebelumnya, Ghisca Debora Aritonang dilaporkan 6 korban yang ditipu pembelian tiket konser Coldplay di Jakarta beberapa waktu lalu. Diketahui dari laporan tersebut wanita 19 tahun ini meraup total Rp 5,1 miliar atau sebanyak 2.268 tiket.

"Kami menerima enam laporan polisi terkait penipuan dan penggelapan tiket konser Coldplay dengan total Rp 5,1 miliar atau sebanyak 2.268 tiket," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro, Senin 20 November 2023. 

Adapun 6 laporan yang diterima Polres Metro Jakarta Pusat berasal dari VS dengan kerugian Rp1,35 miliar (700 tiket), AS dengan kerugian (600 tiket), dan MF dengan kerugian (500 tiket).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: