Mengenali Cara Kerja Endoskopi Saluran Cerna

Mengenali Cara Kerja Endoskopi Saluran Cerna

Peralatan yang dipakai untuk Endoskopi.-Siloam Hospitals-

BALI, DISWAY - Pernahkah Anda mendengar tentang Endoskopi? Bagaimana cara kerja Endoskopi saluran cerna? 

Endoskopi merupakan salah satu cara mengetahui dan memastikan kesehatan saluran pencernaan Anda.  

Dokter spesialis penyakit dalam Siloam Hospitals Bali, I Gede Pande Sastrawan Sp.PD, menyebut Endoskopi adalah salah satu metode pemeriksaan paling jitu yang disarankan dokter.  

"Endoskopi adalah prosedur medis untuk memeriksa organ dalam tubuh tanpa melakukan pembedahan besar," kata I Gede Pande Sastrawan Sp.PD dalam sebuah acara 'Mengenal Endoskopi Saluran Cerna' di Siloam Hospitals Bali, 29 November 2023 lalu.

Menurut I Gede Pande, pemeriksaan Endoskopi dilakukan menggunakan suatu alat khusus yang disebut endoskop, yaitu alat berbentuk selang yang dilengkapi dengan senter dan kamera. 

Endoskop atau selang tipis dan panjang dimasukkan secara langsung ke dalam tubuh melalui mulut atau dubur, ke dalam saluran cerna. Tujuannya guna mengamati organ dalam atau jaringan secara menyeluruh. 

BACA JUGA:Tak Perlu Berobat ke Kupang, Kini Siloam Hadir di Kabupaten Timor Tengah Selatan-NTT

Apa Itu Endoskopi Saluran Cerna Atas?

Ada sejumlah jenis endoskopi sesuai lokasi periksa. Salah satunya adalah endoskopi saluran cerna atau gastrointestinal endoscopy.

Endoskopi saluran cerna atas adalah prosedur untuk melihat saluran pencernaan bagian atas secara visual. Yang bisa dilihat meliputi kerongkongan, perut (lambung) hingga usus kecil atau duodenum.

Prosedur ini disebut juga dengan esophagogastroduodenoscopy (EGD).

Sedangkan Endoskopi saluran cerna bawah meliputi anus, ujung usus besar (Rektum), ujung bawah usus kecil (Ileum terminal).

I Gede Pande menjelaskan, endoskopi saluran cerna atas bertujuan menemukan penyebab dari beberapa gejala. Misalnya adanya sensasi nyeri ulu hati, mual dan muntah, kembung berkepanjangan, bersendawa, mengalami pendarahan dan adanya masalah saat menelan.

"Termasuk adanya penurunan berat badan yang tak dapat dijelaskan dan beberapa lainnya," imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: