Rumah Sakit Siloam Luncurkan Layanan dan Alat Baru Pengobatan Kanker

Rumah Sakit Siloam Luncurkan Layanan dan Alat Baru Pengobatan Kanker

Rumah Sakit Siloam meluncurkan layanan dan alat baru pengobatan kanker.--

JAKARTA, DISWAY - Rumah Sakit Siloam meluncurkan layanan dan alat baru pengobatan kanker di Indonesia. Peluncuran itu dilakukan dalam momen peringatan Hari Kanker Sedunia 2024.

Grup Rumah Sakit Siloam selama ini punya program meningkatkan kesadaran dan mendorong upaya pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker di seluruh Indonesia lewat Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center (MRCCC).

Mengusung tema ‘Improving Cancer Care Through Super Specialty Comprehensive Treatment’, MRCCC sebagai pusat rujukan kanker nasional terus melakukan inovasi dalam pengobatan kanker. Salah satunya dengan meresmikan dua layanan baru dan dua peralatan baru untuk pengobatan kanker.

Layanan dan peralatan baru untuk penanganan kanker itu antara lain: Gastrointestinal Cancer Center (GCC) untuk pusat pelayanan kanker sistem pencernaan dan organ dalam.

Lalu ada Gynaecologic Oncology Center (GOC) untuk pusat pelayanan kanker rahim.

Sedangkan peralatan baru yang ditambahkan adalah penambahan alat PET/CT untuk layanan radiologi, serta alat Flow-Cytometry untuk kanker darah.

GCC sendiri telah dimulai sejak MRCCC berdiri pada 2011. Namun semakin berkembangnya kasus kanker di Indonesia, layanan ini juga semakin berkembang sehingga kebutuhan dokter spesialis juga bertambah.

GCC dimulai hanya dengan dua dokter spesialis penyakit dalam gastroenterologi dan hepatologi untuk kanker pencernaan.

Sekarang GCC didukung oleh 14 dokter spesialis dan sub-spesialis seperti dokter spesialis bedah digestif, spesialis penyakit dalam hematologi onkologi medik (Sp.PD-KHOM).

Ada juga spesialis radiologi intervensi yang dapat menangani tidak hanya kanker pencernaan. Namun juga kasus kanker usus besar, kanker hati, kanker pankreas, dan kanker pencernaan lainnya.

Setiap pasien yang datang ke GCC memiliki kasus yang berbeda. Namun GCC juga menyediakan layanan yang komprehensif, dimulai dari deteksi dini, program terapi dan perawatan rehabilitatif.

GCC juga menawarkan berbagai macam jenis terapi yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Mulai dari terapi awal seperti bedah saluran pencernaan, kemoterapi, immunoterapi, dan terapi target, hingga terapi lanjutan seperti Trans-Arterial Chemoembolization (TACE), Endoscopic Retrograde Cholangiopancreatography (ERCP), dan Endoscopic Ultrasound (EUS).

Selain itu, GCC juga menyediakan layanan terapi rehabilitatif seperti perawatan paliatif dan unit Wound & Stoma Clinic.

Hingga kini, layanan GCC mencatat pasien terbanyak kedua di MRCCC dengan lebih dari 4.000 pasien dilayani hingga tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: