Rumah Sakit Siloam Luncurkan Layanan dan Alat Baru Pengobatan Kanker

Rumah Sakit Siloam Luncurkan Layanan dan Alat Baru Pengobatan Kanker

Rumah Sakit Siloam meluncurkan layanan dan alat baru pengobatan kanker.--

Rumah Sakit Siloam menyadari peran dan tanggung jawab besar yang diemban dalam pelayanan kepada masyarakat luas. MRCCC, sebagai bagian dari Grup Rumah Sakit Siloam memiliki visi menjadi “Building of Hope” atau Rumah Harapan bagi semua pasien kanker.

“Seiring dengan bertambahnya kasus kanker di Indonesia yang semakin kompleks, pendekatan multidisiplin dari berbagai macam spesialis yang terkoordinasi diperlukan untuk menghasilkan prognosis optimal yang berfokus pada kesembuhan pasien," kata dr. Adityawati Ganggaiswari, M.Biomed, MARS, Direktur MRCCC.

Untuk mendukung hal tersebut, hari ini MRCCC melakukan grand launching beberapa fasilitas baru seperti GCC, GOC, alat PET/CT kedua, dan Flow Cytometry.

Di MRCCC, deteksi dini, bedah onkologi, kemoterapi, dan radioterapi dilakukan terpusat pada satu lokasi.

Kata dr. Adityawati Ganggaiswari, MRCCC terus mengembangkan diri. Sepanjang 2023 tercatat telah melayani lebih dari 30.000 pasien kanker.

Angka itu masih ditambah dengan 30.000 pelayanan radioterapi, lebih dari 10.000 kemoterapi, lebih dari 6.000 prosedur pemindaian PET-CT, dan melakukan lebih dari 3.000 tindakan operasi.

MRCCC juga menyediakan berbagai modalitas pengobatan kanker seperti bedah, kemoterapi, radioterapi, serta pengobatan yang customized seperti targeted therapy dan imunoterapi sesuai dengan hasil pemeriksaan genetik masing-masing individu.

Pengobatan kanker di MRCCC ke depannya akan lebih bersifat personalized berdasarkan jenis dan mutasi gen kanker.

Contohnya, dua orang yang terdiagnosis kanker payudara belum tentu membutuhkan pengobatan yang sama karena karakteristik sel kanker dapat berbeda,” tambahnya. 

Dalam kesempatan ini, MRCCC juga turut menyampaikan komitmennya sebagai Mitra Layanan Kesehatan Resmi (Official Healthcare Partner) dalam ajang Asia-Pacific Breast Cancer Summit (APBCS) ke-12 yang akan diselenggarakan di Nusa Dua Convention Centre, Bali, Indonesia, pada tanggal 1-3 Maret 2024.


Caroline Riady meninjau alat dan layanan baru untuk pasien kanker di Rumah Sakit Siloam.--

“Melalui peringatan Hari Kanker Sedunia 2024, kami berharap kita semua dapat mengambil peran dan langkah untuk memastikan kesenjangan terhadap penanggulangan kanker dapat ditutup sehingga setiap individu bisa mengakses layanan kanker serta mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan dengan lebih cepat dan lebih baik," kata dr. Adityawati.

Selain itu, Grup Rumah Sakit Siloam punya program skrining kanker payudara dengan nama Selangkah (Semangat Lawan Kanker). Program itu dilakukan oleh Grup Rumah Sakit Siloam pada 2023 melalui 14 cabangnya.

Saat ini program itu berhasil merangkul dan memberikan skrining pada lebih dari 11.000 wanita Indonesia dan berhasil mendeteksi sebanyak 9 persen dari total partisipan yang terjangkit kanker payudara.

Keberhasilan program ini, membuat Grup RS Siloam memperpanjang program Selangkah hingga akhir 2024 agar dapat menjangkau lebih banyak lagi wanita Indonesia yang membutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: