Kapolri Siapkan Operasi Lilin Saat Nataru, 129.923 Personil Gabungan Dikerahkan

Kapolri Siapkan Operasi Lilin Saat Nataru, 129.923 Personil Gabungan Dikerahkan

Polri akan melakukan operasi lilin menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024-Screnshoot/Instagram-

“ Tentunya Polri akan memberlakukan rekayasa lalu lintas mulai dari pengaturan contraflow sampai dengan one way," katanya.

Polri akan menggunakan metode traffic count untuk mengetahui volume lalu lintas, menurut Listyo Sigit Prabowo efektif diterapkan untuk mengurai kemacetan saat arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2023 kemarin.

" Kita mempunyai rumusan traffic counting saat kita sudah ujicoba pada saat pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri kemarin,” ucap Kapolri.

BACA JUGA:Eks Pejabat Pajak Rafael Alun Trisambodo Dituntut 14 Tahun Pidana Penjara

BACA JUGA:Sidang Praperadilan Firli Bahuri Digelar Setiap Hari, Hingga Putusan Pada 19 Desember 2023

Sebelumnya Presiden Sokowi menyebut ada 107 juta pergerakan masyarakat dalam merayakan natal dan tahun baru.

Sokowi pun meminta kepada kementerian lembaga terkait menyiapkan secara matang transportasi, menjelang Natal dan Tahun Baru.

Jokowi juga mengingatkan soal pasokan dan distribusi bahan-bahan pokok yang berhubungan dengan transportasi dalam rangka persiapan Natal dan Tahun Baru 2024.

" Ini rutinitas, tapi apapun harus tetap direncanakan, harus dipersiapkan yaitu Natal dan Tahun Baru. Pak Menko ini agar disiapkan betul-betul utamanya yang berkaitan dengan transportasi, karena dari perhitungan survei terakhir, ada kurang lebih nanti 107 juta pergerakan orang dalam natal dan tahun baru,” kata Jokowi.

BACA JUGA:Perkembangan Kasus Dugaan Pemerasan Tersangka Firli Bahuri, 98 Saksi Telah Diperiksa

BACA JUGA:Anak Muda Relawan KAMI DKI Deklarasi Gibran Cawapres 2024

Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Effendy, mengatakan pergerakan masyarakat untuk merayakan natal dan tahun baru diprediksi mengalami kenaikan sekitar 143 persen dari tahun lalu.

Karena itu, Muhadjir Effendy menyatakan bahwa pemerintah terus melakukan evaluasi terhadap langkah-langkah yang sudah mereka lakukan tahun lalu.

“ Nataru ini bukan cuma sekali tapi sudah bertahun-tahun, kita evaluasi yang kemarin terjadi terutama yang bisa dihindari, kita perbaiki tahun ini,” kata Effendy.

Perayaan natal dan tahun baru tahun ini akan diprediksi meningkat dan padat pergerakan masyarakat dari tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: