Jelang Debat Capres Tahap Pertama, Polisi Sudah Sterilisasi Jalan Imam Bonjol Hingga Pukul 10 Malam

Jelang Debat Capres Tahap Pertama, Polisi Sudah Sterilisasi Jalan Imam Bonjol Hingga Pukul 10 Malam

Ribuan personil gabungan malakukan sterilisasi di sepanjang Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID - Polisi sudah mulai melakukan sterilisasi di kawasan sekitar Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, khususnya di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. 

Sterilisasi ini merupakan bentuk pengamanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian jelang acara Debat Pemilu 2024.

Selain sepanjang Jalan Imam Bonjol, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo juga mengatakan bahwa sterilisasi ini berlaku untuk ruas jalan di sekitaran Bundaran HI, perempatan Jalan Agus Salim, Jalan Diponegoro, dan Jalan Cokroaminoto. 

BACA JUGA:Ribuan Personel Polisi Dikerahkan Jelang Debat Pemilu 2024

"Kami mengatur pengalihan arus lalin, yang pertama dari arus dari Bundaran HI itu akan kami alihkan dari Agus Salim, ataupun jalan Pemekasan. Sementara arus lalin dari arus Diponegoro, itu akan kami alihkan, baik itu ke Jalan Cokroaminoto ataupun ke arah Rasuna Said," ujar Kombes Pol Susatyo di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Desember 2023.

Sterilisasi tersebut sudah dimulai oleh pihak kepolisian dari pukul 15.00 WIB sampai acara debat Pemilu 2024 berakhir, yaitu kurang lebih pukul 22.00 WIB.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari area seputaran KPU dan bisa menggunakan ruas jalan yang lain," imbuhnya.

Sedangkan untuk personil yang terlibat dalam pengamanan pada acara debat Pemilu 2024, kata Kombes Pol Susatyo, yaitu sebanyak 2.120 orang yang terdiri dari personal gabungan.

BACA JUGA:Terhalang Durasi, KPU Larang Panelis Berikan Pertanyaan Saat Debat Capres

"Polres Metro Jakarta Pusat dengan Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, juga Pemprov DKI," jelasnya.

Adapun keamanan yang disiapkan oleh pihak kepolisian, yakni berupa kendaraan taktis yang berjejer disepanjang Jalan Imam Bonjol.

"Kendaraan taktis yg kami libatkan dalam pengamanan kali ini sesuai dengan kemungkinan-kemungkinan ancaman yang mungkin bisa saja terjadi, baik itu bersifat massa yang datang unjuk rasa, terror, dan sebagainya," ucap Kombes Pol Susatyo.

"Tentunya kami berharap seluru ancaman tersebut berbagai perlengkapan ataupun kekuatan pasukan kami itu bisa melancarkan kegiatan pada hari ini," tandasnya.

BACA JUGA:Ini Dia 11 Nama Panelis Debat Capres-Cawapres Tahap Pertama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: