Netizen Tuding Gibran Gunakan Bone Conduction Earphone: Emil Dardak Komat Kamit Saat di Debat Capres

Netizen Tuding Gibran Gunakan Bone Conduction Earphone: Emil Dardak Komat Kamit Saat di Debat Capres

Netizen tuding Gibran gunakan bone conduction earphone yang headphone konduksi tulang yang mengirimkan gelombang suara melalui tengkorak dan bukan ke gendang telinga.-tangkapan layar X@AiraNtieReal-

BACA JUGA:27 Kendaraan Knalpot Brong Ditindak Polsek Pondok Aren, Wajib Standar Lagi

BACA JUGA:Anggun bak Putri Kerajaan, Intip Penampilan BLACKPINK Jadi Tamu Kehormatan di Istana Buckingham

Dalam video tersebut dituliskan untuk memperhatikan gerakan mulut dari Emil yang duduk persisi dibelakang Gibran.

“Kok ya ada ya yg fokus nyoting hal itu. Perhatikan gerakan mulut emil dardak sang jubir yg sama dgn gerakan mulut Gibran,” tulis akun @DidiekMurdock.

 Penggunaan alat bantu oleh Gibran saat debat bukan kali pertama, di mana pada debat Cawapres lalu, Roy Suryo menuding jika anak dari Presiden Jikowi ini menggunakan alat bantu dalam menjawab pertanyaan saat debat.

BACA JUGA:Buzzer Israel Geram Surat Tahanan Hamas Ucapkan Terima Kasih Beredar Luas: Anak Saya Diperlakukan Seperti Putri Gaza

BACA JUGA:Kunjungi Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, Prabowo: Saya dapat Banyak Wejangan soal Masa Depan dan Teknologi

Menurut Roy, dalam debat itu Gibran menggunakan earphone yang merupakan alat komunikasi dengan pihak luar yang membimbung Gibran dalam debat itu.

Akan tetapi berbagai pihak membantah tudingan dari Roy tersebut, bahkan Relawan Pilar 8 melaporkan mantan Menpora ini atas tuduhan penyebaran berita bohong.

Selain itu Cyber Indonesia juga ikut melaporkan Roy atas kasus yang sama sehingga Roy terancam melanggar Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45A ayat (2) UU RI nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 14 KUHP dan/atau Pasal 15 KUHP dan/atau Pasal 207 KUHP.

Sedangkan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melalui ketuanya Hasyim Asy'ari membantah jika calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran menggunakan tiga mik sekaligus, sementara dua cawapres lainnya tidak. 

BACA JUGA:Mahfud MD Sebut GreenFlation Pertanyaan Receh, Budiman Sudjatmiko: 'Receh Dari Hongkong, Pertanyaan Mahal Itu!'

BACA JUGA:Viral! Beredar Video Verrel Bramasta Menikah dengan Putri Zulkifli Hasan

Menurut Hasyim, para cawapres yang mengikuti debat kedua Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat 22 Desember 2023, menggunakan alat mikrofon yang sama.

"Semua cawapres pakai alat yang sama. Semua cawapres pakai tiga mik untuk mengantisipasi ada mik yang mati," kata Hasyim dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 23 Desember 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: