KPU Tetapkan Durasi Pada Segmen Debat Pilpres Terakhir Bertambah Jadi 4 Menit

KPU Tetapkan Durasi Pada Segmen Debat Pilpres Terakhir Bertambah Jadi 4 Menit

Komisioner KPU RI, August Mellaz saat konferensi pers di KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat.-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan durasi pada segmen keenam atau terakhir di Debat Pilpres Kelima bertambah dari yang awalnya hanya 2 menit, menjadi 4 menit.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Komisioner KPU RI, August Mellaz saat konferensi pers di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 2 Februari 2024.

BACA JUGA:KPU: Semua Distribusi Logistik Pemilu 2024 ke Luar Negeri Sudah Beres

Dia mengatakan bahwa penambahan durasi di segmen terakhir tersebut terjadi karena adanya usulan dari tim pasangan calon saat rapat evaluasi.

"Pada saat rapat evaluasi yang terkahir rapat koordinasi ada usulan dari tim paslon khusus di debat kelima ini pada segmen terakhir yakni segmen closing, segmen penutup ini akan ada ditambahkan alokasi waktu untuk masing-masing paslon," ujar August Mellaz kepada awak media.

BACA JUGA:Tambahan Durasi Debat Capres Kelima di Segmen Terakhir Akan Dipertimbangkan KPU

Namun, August Mellaz memastikan, dengan adanya penambahan tersebut, durasi pada segmen-segmen sebelumnya tidak akan terganggu dan jumlah durasinya masih sama dengan debat sebelumnya.

"Biasanya di segmen keenam itu 2 menit, menjadi 4 menit tanpa mengubah durasi total pelaksanaan debat 120 menit," kata August Mellaz.

BACA JUGA:KPU Tegaskan Pencoblosan Pemilu 2024 di Luar Negeri Lebih Awal Sudah Sesuai Aturan

"Kami sudah kelola itu dan kami sudah atur dan kemudian nanti dikhusus segmen keenam atau penutup, maka alokasi waktu untuk closing statmenet dari masing-maisng capres akan dipenuhi sebanyak 4 menit masing-masing paslon," tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari. Dia menyebutkan bahwa pada penambahan durasi di segmen terakhir, tidak ada segmen di sebelumnya yang durasinya dikurangi.

"Hampir semua menyoalkan kenapa ada tambahan menit dibagikan closing. Tapi saya ingin konfirmasi atau klarifikasi aja, enggak ada waktu yang dikorbankan," ucapnya.

BACA JUGA:Temukan Dugaan Pelanggaran Pemilu di Jatim dan Jateng, TKN Prabowo-Gibran Minta KPU Bawaslu Segera Bertindak

Sebelumnya, August Mellaz sempat mengatakan bahwa pihaknya tengah mempertimbangkan penambahan durasi pada segmen keenam atau terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: