Tumbuhkan Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Hutama Karya Gelar Berbagai Kegiatan pada Bulan K3

Tumbuhkan Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Hutama Karya Gelar Berbagai Kegiatan pada Bulan K3

Mengangkat tema ‘Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha’, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) juga turut mengambil peran aktif dalam menyemarakkannya dengan konsisten memperkuat komitmen perusahaan terhadap lingk-hk-

Selain itu, dilakukan pula kampanye keselamatan dan pelaksanaan mitigasi risiko dengan tujuan upaya pengendalian aspek unsafe act dan unsafe condition, perizinan kerja sesuai dengan standarisasi K3 dan job safety analysis.

BACA JUGA:Permudah Pengguna, Hutama Karya Tol Palindra Sediakan Kantin Kejujuran di Rest Area

BACA JUGA:Hasil Juventus vs Udinese Skor 0-1, Massimiliano Allegri: Kami Seharusnya Lebih Baik Cetak Gol

Hal ini agar anggota K3 dipastikan memahami dan menguasai K3, pemeriksaan alat dan bahan serta mengevaluasi dan terus meningkatkan penerapan K3 dengan dilakukan audit, inspeksi penerapan, dan rapat tinjauan.

“K3 di Hutama Karya juga telah secara merata diterapkan mulai dari perekrutan melibatkan job safety analyst, dan pengujian equipment sesuai dengan standar yang telah diterapkan, sehingga secara persentase mencapai 96.38 persen,” papar Tjahjo

“Selain itu penerapan K3 ini juga diakui melalui sejumlah penghargaan di tahun 2023 lalu, seperti Penghargaan Kecelakaan Nihil, Penghargaan Penanganan HIV AIDS, Penghargaan Penanganan Covid-19, Penghargaan CEO Safety Leadership, Director Safety Leadership dan Safety Performance oleh lembaga Indonesia Construction Safety Awards (ICSA),” imbuh Tjahjo.

Lebih lanjut, Tjahjo menambahkan, khusus di bisnis jalan tol, penerapan K3 tidak hanya fokus pada keselamatan pengguna, namun juga para pekerjanya yang turut melayani dan memastikan jalan tol dapat terus beroperasi dengan baik.

BACA JUGA:Bus Real Madrid Kecelakaan Jelang Lawan RB Leipzig di Babak 16 Besar Liga Champions, Jude Bellingham Diragukan Tampil

BACA JUGA:AA Gym: Saya Doakan yang Terbaik Buat Anies

Hal tersebut meliputi dalam memastikan kualitas perlengkapan yang aman, seragam K3 sesuai dengan standar, pelatihan dan praktik terkait dengan tugas di lapangan, maupun pengecekan dan penggantian alat secara rutin. 

Penerapan K3 tersebut menjadi salah satu indikator dari Customer Satisfaction Index (CSI) yang juga mempengaruhi kinerja perusahaan selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

“Dengan penerapan K3 yang optimal di jalan tol diiringi optimalisasi pemenuhan rambu-rambu, pelatihan bagi pekerja seperti pelatihan investigasi kecelakaan, penanganan tumpahan Bahan Bakar Berbahaya (B3), Pemadam Kebakaran, P3K yang berhubungan dengan keamanan dan kenyamanan,” jelasnya.

“Ini dilakukan agar pengoperasian jalan tol dapat terus berlangsung dengan selamat serta mempelopori Kampanye Keselamatan Berkendara bertajuk Setuju (Selamat Sampai Tujuan) yang saat ini diterapkan diseluruh jalan tol, membuat nilai CSI jalan tol yang dikelola meningkat dari yang semula 4.49 menjadi 4.65 dengan predikat sangat memuaskan,” tambah Tjahjo.

BACA JUGA:Simak Prakiraan Cuaca DKI Jakarta Terbaru Hari Ini, Selasa 13 Februari 2024: Bersiap Hujan di Malam-Dini Hari

BACA JUGA:Video Viral Pemotor Nyaris Tersambar Kereta Gegara Nekat Terobos Palang Pintu Kereta Api

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: