Tumbuhkan Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Hutama Karya Gelar Berbagai Kegiatan pada Bulan K3

Tumbuhkan Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Hutama Karya Gelar Berbagai Kegiatan pada Bulan K3

Mengangkat tema ‘Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha’, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) juga turut mengambil peran aktif dalam menyemarakkannya dengan konsisten memperkuat komitmen perusahaan terhadap lingk-hk-

JAKARTA, DISWAY.ID – Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional rutin diselenggarakan dari Januari hingga Februari setiap tahun. 

Perayaan Bulan K3 Nasional ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keselamatan pada lingkungan kerja di seluruh perusahaan di Indonesia, termasuk BUMN. 

Mengangkat tema ‘Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha’, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) juga turut mengambil peran aktif dalam menyemarakkannya dengan konsisten memperkuat komitmen perusahaan terhadap lingkungan kerja yang aman dan sehat, baik di kantor pusat, lingkungan proyek, maupun pada pengelolaan jalan tol yang dikelola.

BACA JUGA:Hutama Karya Raih Kontrak Strategis Pembangunan Budidaya Udang Terintegrasi dan Gedung Jampidsus

BACA JUGA:Hutama Karya Konsisten Menjadi Pengembang Infrastruktur Terkemuka

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyampaikan bahwa selama bulan K3 ini, Hutama Karya menggelar sejumlah perlombaan penerapan K3 diantaranya yaitu penerapan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) terbaik.

Ada juga Healthy Talk serta Video Performa K3 di lingkungan perusahaan, mulai dari kantor pusat, proyek hingga wilayah operasional jalan tol yang diadakan selama dua pekan. 

Puncaknya akan diselenggarakan upacara penutupan sekaligus pemberian award bagi penerapan K3 terbaik pada 21 Februari 2024.

“Seluruh kegiatan yang kami selenggarakan pada bulan K3 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap penerapan K3 optimal di seluruh lini bisnis perusahaan, sehingga tercipta lingkungan kerja yang sehat dan aman,” tutur Tjahjo

BACA JUGA:Sambut HUT ke-63, Hutama Karya Kembali Gelar Lomba Jurnalistik Hingga Foto untuk Umum

BACA JUGA:10 BUMN yang Dapat Kucuran Dana dari Negara 2023, Hutama Karya Paling Besar Tembus Rp 30,561 Triliun

Lebih lanjut Tjahjo menyampaikan bahwa saat ini penerapan Budaya K3 di Hutama Karya sudah sesuai dengan standarisasi yang diterapkan Pemerintah Republik Indonesia dimana perusahaan telah mengantongi ISO 45001:2018 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, ISO 14001:2015 tentang Sistem Manajemen Lingkungan, dan SMK3 PP 50 tahun 2012. 

Standarisasi tersebut dibuktikan dengan sejumlah implementasi K3 yang optimal di Lingkungan Hutama Karya dalam pelaksanaan aktivitas bisnisnya meliputi berbagai aspek.

Mulai dari aspek perencanaan dengan action plan yang mencakup emergency plan seperti skenario tanggap darurat dan Tool Box Meeting (TBM) atau briefing pagi yang wajib dilakukan di awal pekerjaan dengan tujuan memastikan pekerjaan sesuai dengan penerapan K3 yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: