Penelitian Terbaru: Pasien Gagal Ginjal Memiliki Risiko Tinggi Terkena Serangan Jantung dan Stroke

Penelitian Terbaru: Pasien Gagal Ginjal Memiliki Risiko Tinggi Terkena Serangan Jantung dan Stroke

Penelitian Terbaru: Pasien Gagal Ginjal Memiliki Risiko Tinggi Terkena Serangan Jantung dan Stroke-Lifestylememory-Freepik

Diperkirakan satu dari 10 orang di Inggris terkena penyakit ginjal kronis, suatu kondisi progresif jangka panjang yang menyebabkan ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

BACA JUGA:Awas! Penelitian Ungkap Merokok Sehari Satu Bungkus Sebabkan Penyusutan Otak, Ada Satu Risiko Bahaya Lainnya Nih

Lebih dari 70.000 orang di Inggris saat ini dirawat karena gagal ginjal, tahap akhir dari penyakit tersebut.

Pasien penyakit ginjal mempunyai risiko lebih tinggi terkena serangan jantung dan stroke dibandingkan masyarakat umum.

Risiko penyakit ini meningkat seiring menurunnya fungsi ginjal dan paling tinggi terjadi pada pasien gagal ginjal.

Penelitian ini adalah penelitian pertama yang menilai apakah serangan jantung dan tingkat stroke, pengobatan dan kelangsungan hidup telah meningkat pada pasien gagal ginjal selama 20 tahun.

BACA JUGA:Ini Dampak Minum Multivitamin pada Kognitif Seseorang Menurut Penelitian

Para peneliti menggunakan data layanan kesehatan anonim dari lebih dari 16.000 pasien gagal ginjal di Skotlandia dari tahun 1996 hingga 2016.

Tingkat serangan jantung dan stroke pada pasien gagal ginjal berkurang setengahnya selama 20 tahun, dan jumlah kematian akibat penyakit tersebut juga menurun.

Namun penurunan ini masih tertinggal dibandingkan penurunan besar yang terjadi pada populasi lainnya.

Akibatnya, kesenjangan kini menjadi lebih besar dibandingkan 20 tahun yang lalu – bahkan lebih besar lagi bagi perempuan dibandingkan laki-laki.

BACA JUGA:Penelitian Terbaru: Orang yang Bangun Pagi Berisiko Lebih Besar Terkena 'Anoreksia Nervosa'

Para peneliti mengatakan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami penyebab kesenjangan ini dan bagaimana mengurangi tingkat serangan jantung dan stroke pada kelompok ini.

Profesor Bryan Williams, Kepala Staf Ilmiah dan Medis di British Heart Foundation, mengatakan: “Studi komprehensif ini menunjukkan bahwa, meskipun ada kemajuan dalam beberapa dekade terakhir, pasien gagal ginjal masih memiliki risiko tinggi terkena serangan jantung atau stroke, dan dalam beberapa kasus meninggal. 

"Selama penelitian ini, yang mengamati data pasien selama 20 tahun, kami telah melihat kemajuan besar dalam pencegahan dan pengobatan serangan jantung dan stroke untuk populasi yang lebih luas. Namun kemajuan ini terancam karena angka kematian dini akibat penyakit jantung dan peredaran darah meningkat di Inggris dalam beberapa tahun terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: