Hari Raya Nyepi, Jokowi Doakan Umat Hindu Diberi Kelancaran Jalani Catur Brata Penyepian

Hari Raya Nyepi, Jokowi Doakan Umat Hindu Diberi Kelancaran Jalani Catur Brata Penyepian

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers di Istana negara Jakarta.-Tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan Hari Raya Nyepi Warsa Anyar Caka 1946 kepada umat Hindu.

Ucapan tersebut disampaikan oleh Jokowi melalui akun Instagramnya.

"Rahajeng Rahina Nyepi 2024. Warsa Anyar Caka 1946," kata Jokowi melalui akun media sosial Instagramnya @jokowi, Senin, 11 Maret 2024.

BACA JUGA:Didampingi Menhan Prabowo, Jokowi Tinjau Langsung Pesawat Tempur TNI AU di Lanud Iswahjudi Madiun

Jokowi mendoakan umat Hindu diberi kelancaran dalam melaksanakan Catur Brata Penyepian yang dilakukan selama satu hari penuh.

"Pada Hari Raya Nyepi yang suci ini semoga diberikan kelancaran dalam melaksanakan Catur Brata Penyepian untuk kita semua, khususnya umat Hindu di mana pun berada," sambungnya.

Diketahui, Nyepi adalah hari raya suci bagi umat Hindu di Bali yang perayaannya jatuh pada Senin, 11 Maret 2024. 

Momen Nyepi ini menjadi waktu untuk melakukan introspeksi diri, bersemedi, merefleksikan kehidupan, dan berdamai dengan alam semesta.

Selain itu, pada hari Nyepi umat Hindu Bali biasanya akan melakukan berbagai ritual dan tradisi yang sudah turun temurun. Salah satunya upacara adat mulai dari melasti hingga ngambak geni.

BACA JUGA:Jokowi Puji Merk Produk UMKM Kerupuk Mama Muda: Namanya Bagus Sekali

Hari raya ini akan dilaksanakan selama satu hari penuh atau selama 24 jam. Dimulai dari pukul 6 pagi hingga pukul 6 pagi keesokan harinya.

Selama periode ini, umat Hindu di Bali dan seluruh Indonesia dianjurkan untuk menjaga kesunyian, menghentikan semua kegiatan duniawi, dan merenung secara mendalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: