KPU Siapkan Rapat Pleno Terbuka Untuk Tetapkan Hasil Pemilu 2024

KPU Siapkan Rapat Pleno Terbuka Untuk Tetapkan Hasil Pemilu 2024

KPU Siapkan Rapat Pleno Terbuka Untuk Tetapkan Hasil Pemilu 2024-KPU-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan melakukan rapat pleno terbuka untuk penetapan hasil Pemilu 2024 secara nasional.

"Kami akan melakukan rapat pleno terbuka untuk penetapan hasil pemilu secara nasional," ujar anggota KPU RI August Mellaz, melalui keterangan resmi, Selasa 19 Maret 2024.

BACA JUGA:Jelang Penetapan Hasil Pemilu 2024, Polisi Siagakan 3.500 Personel di KPU, Bawaslu, DPR

Mellaz menyebutkan, tujuh anggota badan penyelenggara pemilihan umum itu akan menyampaikan penetapan hasil Pemilu 2024.

Tujuh anggota KPU RI yang dimaksud adalah August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan termasuk Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.

"Jadi, kami bertujuh pasti posisinya stand by di kantor KPU. Kami juga pasti akan berikan informasi ke teman-teman media untuk kebutuhan publik termasuk juga breaking news dan segala macam. Sabar saja ya," jelasnya.

BACA JUGA:Rekapitulasi 2 Provinsi Usai, KPU Langsung Umumkan Hasil Pemilu 2024 Hari Ini

Selain itu, saat ditanya apakah akan mengundang partai politik pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk penetapan hasil Pemilu 2024, dia menjelaskan bahwa selama ini menjalin hubungan yang baik dengan liaison officer atau naradamping peserta pemilu.

"Setiap kali ada rekapitulasi kan kita buka itu juga melihat apakah teman-teman saksi dari peserta pemilu hadir atau tidak, itu juga jadi pertimbangan. Jadi pasti sampai ke mereka," ungkapnya.

Sementara itu, Mellaz masih belum tahu apakah petinggi partai politik akan diundang ke pengumuman penetapan hasil Pemilu 2024. 

Menurutnya, setiap partai memiliki skema organisasi tersendiri untuk mengirimkan utusan.

"Jadi, itu juga cukup. Memang harus ini ya sekretaris jenderal dan ketua umum (hadir)? Kan tidak juga," pungkasnya.

BACA JUGA:KPU Akan Hapus Metode Pos untuk Pemilu Luar Negeri,Hasyim Asyari: Bikin Banyak Masalah!

Sebelumnya, Mellaz menegaskan pihaknya tak memiliki niat untuk memundurkan penetapan hasil Pemilu 2024 yang maksimal harus diumumkan pada Rabu 20 Maret 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: