Antisipasi Kecelakaan Saat Mudik 2024, Korlantas Bersama Kemenhub Lakukan Ramp Check dan Tes Urine untuk Pengemudi Angkutan Umum

Antisipasi Kecelakaan Saat Mudik 2024, Korlantas Bersama Kemenhub Lakukan Ramp Check dan Tes Urine untuk Pengemudi Angkutan Umum

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso-Korlantas Polri-

JAKARTA, DISWAY.ID Korlantas Polri bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersinergi untuk persiapan musim mudik Idul Fitri 1445 Hijriah.

Sebagai antisipasi dan menekan angka kecelakaan, Korlantas Polri dan Kemenhub akan menginspeksi kendaraan angkutan umum yang digunakan untuk mudik Lebaran 2024.

BACA JUGA:Kemenhub Sosialisasi Pelayanan Penerbangan Ramah Disabilitas

BACA JUGA:Persiapan Jalur Mudik 2024: 5 Putaran Arah di Jalan Tol Pejagan-Pemalang Ditutup

Tak hanya menginspeksi kendaraan, seluruh sopir angkutan umum ini akan dilakukan pengecekan kesehatan seperti tes urine, antidoping yang bertujuan mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Nanti akan dilaksanakan ramp check bersama Kemenhub, itu pengecekan untuk kendaraannya. Pengecakan juga dilakukan untuk kondisi kendaraannya, kendaraan angkutan umum, termasuk dengan drivernya," kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso kepada wartawan, Kamis 21 Maret 2024 kemarin

Menurut Raden, pemeriksaan kesehatan untuk para sopir amat penting. Sebab, masih banyak ditemui oknum sopir yang menggunakan suplemen energi seperti mengonsumsi doping yang bertujuan meningkatkan stamina selama mengemudi.

BACA JUGA:Mantap, Pelindo Siapkan Sarana dan Prasarana Terminal Penumpang hingga Puluhan Kapal Roro untuk Mudik Lebaran

BACA JUGA:Kemenhub Atur Mobilitas di Pelabuhan Penyeberangan pada Libur Lebaran 2024

"Terkait dengan kendaraan atau sopir yang untuk menambah vitalitas dia melakukan dengan doping dan lain sebagainya. Itu nanti dari kementerian perhubungan," ungkapnya.

Pengetatan juga dilakukan dengan pemeriksaan kadar alkohol hingga narkoba untuk para sopir tersebut.

Nantinya, kepolisian akan menggunakan dua alat pemeriksa itu akan dilakukan jauh sebelum keberangkatan khususnya di terminal hingga rest area.

BACA JUGA:Klakson Telolet Resmi 'Haram' Digunakan Bus AKAP-Pariwisata Usai Bocah Terlindas di Merak

BACA JUGA:Korlantas Polri Siapkan Strategi Penguraian Kepadatan Pemudik yang Menyeberang dari Pelabuhan Merak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: