Diprotes DPRD, Ini Jawaban Kadishub DKI Jakarta Beli 5 Motor Listrik Senilai Rp6,3 Miliar untuk Kawal Gubernur

Diprotes DPRD, Ini Jawaban Kadishub DKI Jakarta Beli 5 Motor Listrik Senilai Rp6,3 Miliar untuk Kawal Gubernur

Kadishub DKI Jakarta-Jawab kritikan DPRD soal pembelian motor listrik-Dishub DKI Jakarta

JAKARTA, DISWAY.ID - DPRD DKI Jakarta mempertanyakan urgensi dari rencana pembelian lima unit sepeda motor listrik dengan model motor gede (moge) oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta. 

Anggaran sebesar Rp6,3 miliar telah dialokasikan untuk pembelian tersebut, yang direncanakan akan dipakai untuk pengawalan gubernur terpilih.

Pertanyaan tersebut muncul mengingat penggunaan motor listrik yang sesuai dengan regulasi, seperti Peraturan Presiden 55/2019 dan Instruksi Presiden 7/2022. 

Namun, DPRD menyoroti kebutuhan mendesak akan penggunaan motor listrik tersebut.

BACA JUGA:Dishub DKI Jakarta Siapkan 8 Bus untuk Angkut Pemudik Disabilitas

Lalu bagaimana penjelasan Dishub DKI Jakarta?

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, memberikan tanggapan terhadap kritik tersebut dengan menjelaskan bahwa penggunaan motor listrik untuk pengawalan gubernur terpilih memiliki alasan yang kuat. 

"Mobilitas pak Gubernur sangat tinggi. Contohnya hari ini, beliau dari sini ada kegiatan lanjutan," katanya kepada wartawan, Selasa 26 Maret 2024.

Lebih lanjut, Liputo menekankan pentingnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menjadi contoh dalam upaya menekan polusi udara. 

"Targetnya kan kemacetan, polusi udara itu menjadi domain kami dan kami memberikan sosialisasi juga ke masyarakat, ini prioritas kita," tambahnya.

BACA JUGA:Mudik Gratis Bersama Dishub DKI Jakarta, Cek Rute Beserta Syarat dan Daftar Mulai 20 Maret 2024

"Jadi tidak hanya mendorong ganti, tapi kami sudah mulai. Ayo sama-sama kita mulai demi kualitas udara Jakarta lebih baik," katanya. 

Meski demikian, keputusan untuk mengalokasikan anggaran sebesar itu tetap menjadi sorotan DPRD DKI Jakarta, yang menegaskan perlunya evaluasi lebih lanjut mengenai kebutuhan dan manfaat dari pembelian motor listrik tersebut untuk kepentingan pengawalan.

BACA JUGA:Lokasi Parkir Kampanye Akbar di JIS dan GBK, Dishub DKI Jakarta: Kami Siapkan 200 Bus TransJakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: