Kemenperin Dukung Kemajuan IKM Otomotif Konvensional dan Listrik di Tanah Air

Kemenperin Dukung Kemajuan IKM Otomotif Konvensional dan Listrik di Tanah Air

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita-dok.Kemenperin-

" Walaupun kami telah memulai pengembangan motor listrik, namun kami tidak akan meninggalkan industri kendaraan bermotor konvensional dengan bahan bakar fosil,” Tutur Reni.

BACA JUGA:Terus Jalin Kerja Sama yang Menguntungkan, Menaker Gelar Silaturahmi dengan Stakeholders Ketenagakerjaan

BACA JUGA:Sambut Gelombang Kepulangan PMI untuk Rayakan Idul Fitri, BP2MI Pastikan Beri Layanan Terbaik

Salah satu upaya yang dilakukan Reni adalah dengan melakukan pembinaan kepada IKM knalpot aftermarket atau knalpot yang diproduksi bukan oleh buatan pabrikan kendaraan asli.

Hingga saat ini, para IKM tersebut masih menghadapi tantangan untuk dapat masuk dalam ekosistem KBLBB utamanya di sisi kompetensi SDM dan kualitas produknya.

Sementara itu, Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut Ditjen IKMA Dini Hanggandari menyampaikan bahwa timnya telah melakukan berbagai program pembinaan yang ditujukan untuk peningkatan daya saing IKM.

" Kami telah melakukan berbagai program pembinaan peningkatan daya saing IKM, mulai dari penguatan akses bahan baku, pengembangan produk, peningkatan teknologi mesin/peralatan sampai dengan promosi dan pemasaran,” ucap Dini.

BACA JUGA:Kementerian PUPR Gunakan Teknologi Mobox untuk Hunian Pekerja Konstruksi IKN

BACA JUGA:Tinjau Pasar Tambun, Mendag Bersyukur Harga Bapok Sudah Mulai Turun

Adapun kegiatan yang sudah dijalankan, antara lain Bimbingan Teknis Perbengkelan Sepeda Listrik dan Motor Listrik bagi IKM di NTB dan Bali, Pendampingan Pembuatan Prototipe Sepeda Listrik di NTB, serta Bimbingan Teknis Pengelasan dalam Rangka Pembuatan Rangka Motor Listrik di Purbalingga.

(Bianca Chairunisa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: